Instrumen Investasi Paling Aman yang Bisa Anda Pilih, Apa Saja?

| 07 Feb 2023 22:05
Instrumen Investasi Paling Aman yang Bisa Anda Pilih, Apa Saja?
Ilustrasi investasi (Foto: Pixabay)

ERA.id - Hingga saat ini, investasi menjadi sebuah program finansial yang sangat menjanjikan. Secara konsepnya, investasi merupakan penanaman modal yang berpotensi menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, mempunyai investasi yang menguntungkan adalah sebuah keharusan untuk menjaga kondisi finansial Anda. Adapun sifat dari investasi ini sendiri tidak bisa ditebak, karena jenis atau instrumennya begitu banyak. Selain itu, setiap investasi juga menggunakan skema berjangka, entah itu jangka pendel ataupun jangka panjang. Lalu, apa saja instrumen investasi paling aman yang dapat dipilih?

Instrumen Investasi Paling Aman

Di bawah ini akan dijelaskan instrumen investasi yang paling aman dan cukup populer bagi masyarakat Indonesia.

Reksadana

Reksadana menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam berinvestasi karena adanya peran manajer investasi. Manajer investasi akan membantu Anda dalam memanajemen pengelolaan aset investasi reksadana dalam pemenuhan kebutuhan dan tujuan seseorang dalam berinvestasi.

Sebagai investor, Anda secara umum hanya perlu menentukan jenis reksadana yang Anda inginkan dan mengarahkan pembelian tersebut kepada manajer investasi pilihan Anda. Salah satu investasi yang menguntungkan ini juga terdiri dari beberapa jenis dan profil risiko yang beragam, antara lain reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran. Setiap jenis reksadana yang ada pada saat ini juga terdiri dari beberapa macam profil risiko sesuai dengan keperluan para investor, misalnya defensive, conservative, serta balanced.

Obligasi

Obligasi juga menjadi salah satu jenis investasi yang memberikan keuntungan dan cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia pada saat ini. Popularitas obligasi ini hadir dari penawaran persentase keuntungan yang cukup stabil, sehingga orang tertarik untuk menentukan obligasi sebagai salah satu sarana investasi menguntungkan bagi kehidupan finansial mereka.

Profil risiko yang ditawarkan oleh investasi jenis ini juga dapat dikatakan terukur, sehingga memberikan rasa aman untuk para investor pemula. Obligasi sendiri adalah salah satu instrumen investasi menguntungkan yang berbentuk surat pernyataan utang. Surat pernyataan utang tersebut datang atau diterbitkan oleh pemerintah maupun korporasi. Namun, surat pernyataan utang tersebut juga dapat diterbitkan oleh individu. Salah satu tujuan fundamental hadirnya obligasi yaitu untuk meningkatkan potensi ekonomi dari pihak penerbit ke arah yang lebih baik.

Seperti saham, obligasi sebagai investasi yang menguntungkan juga terdiri dari beberapa macam jenis. Salah satu pembagian jenis yang kerap dibahas dalam obligasi yaitu jenis pembagian kupon maupun keuntungan.

Saham

Sebagai salah satu instrumen investasi, saham memang sudah bertahan sejak dulu. Bahkan hingga saat ini, saham masih sering dipilih para investor dalam menghasilkan investasi yang memberikan keuntungan. Keuntungan yang didapatkan dari investasi saham ini memang diketahui memiliki persentase yang besar.

Namun, jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, seperti obligasi atau reksadana, jenis investasi ini juga mengandung risiko yang tinggi. Jika Anda akan memulai memilih saham sebagai investasi yang memberi keuntungan, sebaiknya Anda sudah memahami secara mendalam tentang investasi secara umum dan juga elemen yang ada pada investasi saham untuk mengurangi risiko yang hadir.

Emas

Ilustrasi emas sebagai instrumen investasi paling aman (Foto: Pixabay)

Dalam aktivitasnya, investasi emas menawarkan beberapa opsi. Orang-orang dapat membeli emas murni atau perhiasan emas yang nantinya disimpan sebagai aset berharga. Selain itu, emas juga merupakan investasi menguntungkan dengan skema tabungan. Dengan skema yang fleksibel ini, emas tidak hanya jadi investasi yang menguntungkan secara potensi finansial, tetapi juga memberikan kenyamanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan investornya. Cara menabung emas sebagai investasi ini juga dapat dilakukan secara online dengan biaya yang relatif terjangkau.

Kelebihan yang ditawarkan oleh jenis instrumen investasi yang menguntungkan ini yaitu nilai aset yang stabil dan minim risiko nilai jatuh yang terlalu jauh. Kestabilan nilai ini cukup menarik minat masyarakat untuk melakukan investasi dengan instrumen emas. Selain itu, emas juga diyakini sebagai investasi yang menguntungkan dengan tingkat likuiditas yang tinggi. Jadi, jika sewaktu-waktu diperlukan sebagai sumber dana darurat, emas dapat menjadi pilihan utama untuk dicairkan dalam waktu yang relatif singkat.

Tanah dan properti

Jika membahas investasi yang menguntungkan dengan tingkat popularitas tinggi bagi masyarakat Indonesia, tentunya kita tidak dapat melewatkan kehadiran instrumen investasi tanah dan properti. Banyak yang menganggap investasi menguntungkan ini mengandung risiko minim serta bisa dikelola dengan mudah. Selain itu, untuk meningkatkan potensi finansial Anda, investasi tanah dan properti juga dapat dioptimalisasi ke dalam jenis usaha yang lain.

Salah satu jenis usaha yang dapat diolah yaitu dalam bentuk penyewaan tanah dan properti atau mengalihfungsikan properti yang dimiliki sebagai tempat usaha rumahan. Investasi tanah dan properti juga diyakini mengandung nilai aset yang selalu melonjak naik, sebab aset ini menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dari waktu ke waktu.

Demikianlah ulasan mengenai instrumen investasi paling aman yang dapat Anda pilih. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi