Cara Meminta Izin Hak Cipta YouTube dari Pemilik Konten, Penting untuk Disimak!

| 13 Feb 2023 17:05
Cara Meminta Izin Hak Cipta YouTube dari Pemilik Konten, Penting untuk Disimak!
Ilustrasi Youtube. (Foto: Pixabay)

ERA.id - Bagi orang yang mengunggah ulang sebuah video, atau lagu orang lain ke youtube, tentunya harus memahami prosedur atau cara yang tepat. Sebab, jika tidak mengikuti prosedur yang berlaku, akan berdampak buruk bagi si pengunggah. Lantas, bagaimana cara meminta izin hak cipta yotube dari pemilik karya?

Oleh karena itu, untuk melindungi dan mempunyai hak cipta yang khusus kita gunakan, kita wajib mendaftarkan karya kita. Sebab, kemungkinan terburuk yang dapat terjadi adalah, seseorang yang tidak bertanggung jawab bisa menduplikat konten yang kita ciptakan dan selanjutnya orang tersebut mendaftarkan konten kita sehingga lisensi resmi jatuh ke tangannya. Hal selanjutnya yang dapat terjadi adalah kita tidak mempunyai hak untuk melakukan langkah hukum.

Sebaliknya, jika kita sudah mendaftarkan hak cipta karya, tentunya kita akan bisa mengambil jalur hukum saat ada yang menggunakan karya kita tanpa izin.

Ilustrasi cara meminta izin hak cipta youtube (Foto: Pixabay)

Di bawah ini adalah beberapa langkah atau cara meminta izin hak cipta youtube yang bisa dilakukan.

Menghubungi Pemilik Konten Youtube

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari hingga mendapatkan akun email atau kontak pemilik dari hak cipta Youtube tersebut. Pada umumnya, akan tercantum menu “Hubungi Kami” pada situs web. Seseorang bisa menghubungi pemilik konten melalui link tersebut. Namun jika seseorang mendapatkan video/musik tersebut pada web lain, maka bisa mengirimkan komentar pribadi atau chat secara personal ke pemiliknya.

Melacak Pemilik Konten yang Asli

Cara meminta izin hak cipta Youtube berikutnya adalah dengan melacak pemilik konten aslinya lebih dulu apabila konten yang diperoleh bukan dari pemilik kontennya langsung. Misalnya jika berasal dari acara TV, band atau film. Intinya kita harus menggali suatu informasi sedetail mungkin terkait label maupun kontak pemegang hak cipta atas karyanya.

Mengirim Email dengan Bahasa yang Santun

Cara selanjutnya untuk meminta izin hak cipta Youtube yaitu dengan mengirimkan email, dan menjelaskan secara rinci bahwa kita hendak mengunggah video ke channel Youtube milik Anda beserta alasan yang sebenarnya.

Catatan yang perlu kita perhatikan adalah apabila kita diizinkan memakai karya orang yang sudah mempunyai lisensi hak karya, maka gunakanlah sebaik-baiknya. Sebaliknya, jika tidak menerima izin, hendaknya jangan sekali-kali memaksakan diri untuk tetap memakai karya si pemilik.

Menyimpan Hasil Percakapan dan Kesepakatan

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah simpan apapun tanggapan dan kesepakatan yang kita terima, sebab ada kemungkinan kita harus menunjukkannya sebagai bukti di waktu yang akan datang. Semua itu perlu dilakukan agar dapat membuktikan jika pemilik hak cipta sudah memberi izin untuk mempublikasikan video yang diunggah tersebut.

Cantumkan Sumber Konten

Langkah selanjutnya yang juga tak kalah penting yaitu mencantumkan watermark nama channel YouTube dari konten kita. Jika ada yang hendak menggunakan sumber dari pemilik asli.

Semua itu perlu dilakukan jika ada orang yang hendak membuat konten mereka dari video kalian, maka mereka akan dapat menghubungi pemilik aslinya dan mereka dapat meminta izin secara pribadi.

Nah, demikianlah beberapa langkah atau cara meminta izin hak cipta youtube yang dapat kita lakukan agar kita tidak menyalahi ketentuan hukum. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi