Cara Daftar Menjadi Puteri Indonesia, Ikuti Langkah-langkahnya Berikut

| 04 Mar 2023 21:00
Cara Daftar Menjadi Puteri Indonesia, Ikuti Langkah-langkahnya Berikut
Ilustrasi Puteri Indonesia (Foto via Antara)

ERA.id - Menjadi Puteri Indonesia merupakan impian bagi sebagian perempuan Indonesia. Gelar Putri Indonesia didapatkan dari ajang Puteri Indonesia yang merupakan salah satu ajang kecantikan bergengsi di tanah air. Seleksi untuk menjadi finalis Puteri Indonesia sangat ketat. Untuk menjadi finalis, tentu diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Ada cara daftar menjadi Puteri Indonesia yang harus diperhatikan dengan baik agar berpeluang lolos seleksi.

Kesan yang ditampilkan sebagai Puteri Indonesia adalah cantik, pintar, dan beretika. Menjadi Puteri Indonesia juga dapat menjadi pintu gerbang untuk karir yang lebih cemerlang di berbagai bidang, terutama di dunia seni dan hiburan.

Finalis Puteri Indonesia 2022, Dini Nurfitri Widjaya (Instagram @diniwdjaya)

Ketatnya proses seleksi dilakukan agar para finalis Puteri Indonesia yang melaju ke babak grand final merupakan perempuan-perempuan terpilih yang telah lolos seleksi serta menjadi perwakilan terbaik dari setiap provinsi di Indonesia. Hal ini diharapkan agar Puteri Indonesia benar-benar mampu mewakili perempuan Indonesia dengan potensi dan talenta kelas internasional.

Cara Daftar Menjadi Puteri Indonesia

Untuk menjadi finalis Puteri Indonesia, seluruh calon peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Tahap awal pemilihan Puteri Indonesia adalah melalui seleksi dan audisi Pemilihan Puteri Indonesia Daerah (PPID). Puteri Indonesia Daerah terbaik akan melaju ke tahap nasional. Setiap provinsi memiliki perwakilannya masing-masing untuk maju ke pemilihan Puteri Indonesia.

Syarat

Syarat untuk mendaftar menjadi finalis Puteri Indonesia 2023, dilansir dari Instagram resmi @officialputeriindonesia, adalah sebagai berikut:

1. Warga Negar Indonesia berusia 18-26 tahun (maksimal 26 tahun di malam final).

2. Belum menikah.

3. Tinggi badan minimal 170 cm.

4. Peserta berdomisili atau berasal dari provinsi yang diwakilinya.

5. Memiliki pengetahuan umum dan berwawasan luas tentang Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia, serta Lingkungan Hidup.

6. Berpenampilan menarik/cantik, cerdas, dan berkepribadian baik.

7. Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing akan memberikan nilai tambah.

8. Diutamakan memiliki keahlian khusus/prestasi pada suatu bidang (misalnya musik, tari, tarik suara, kepemimpinan, bahasa, dan lain-lain).

Cara Daftar

Jika memenuhi persyaratan dan memiliki kriteria yang sesuai, maka kemungkinan besar akan bisa lolos menjadi finalis Puteri Indonesia Daerah. Cara daftar Pemilihan Putri Indonesia Daerah biasanya berlangsung di provinsi masing-masing. Oleh karena itu, calon finalis harus rajin mengecek laman atau media sosial resmi Puteri Indonesia. Nantinya setelah terpilih menjadi finalis Putri Indonesia Daerah, maka tahap selanjutnya adalah mendaftar untuk mengikuti ajang Putri Indonesia dengan cara mengunjungi laman resmi di https://registrasi.puteri-indonesia.com/.

Kemudian akan dilakukan voting agar bisa melaju ke babak selanjutnya. Berikut adalah cara voting Putri Indonesia di tiap daerah.

Cara Voting Putri Indonesia Setiap Daerah

Ada dua acara yang bisa dilakukan untuk memilih Puteri Indonesia di tiap daerah. Pertama melalui link https://vote.puteri-indonesia.com/ atau vote langsung menggunakan QRIS.

Mekanisme Vote melalui Link

1. Buka website https://vote.puteri-indonesia.com/

2. Daftar menggunakan e-mail yang valid dan verifikasikan email tersebut

3. Voting bisa dilakukan dengan Mustika Poin yang bisa didapatkan dengan cara:

- Setiap pendaftar baru akan mendapat Bonus 1 Mustika Poin

- Membeli Mustika Poin melalui website mulai dari Rp10.000 - Rp100.000 dengan harga setiap pembeliannya Rp 1

- Jika pembelian lebih dari Rp500.000 maka dapat dilakukan melalui aplikasi Netzme dan QRIS. Sedangkan untuk nilai Rp1.000.000 sampai dengan Rp10.000.000 bisa menggunakan banyak pilihan metode pembayaran lainnya.

Mekanisme Vote menggunakan QRIS

1. Buka aplikasi e-wallet

2. Gunakan scan QRIS

3. Pilih atau vote Finalis Puteri Daerah pilihan

4. Masukan nominal sesuai jumlah vote yang akan Anda berikan (1 vote/poin = Rp1

5. Masukkan PIN e-wallet

6. Berhasil & selesai

Demikian cara daftar menjadi Puteri Indonesia dan beberapa tahapan yang harus diiikuti hingga dikukuhkan dengan penyematan mahkota menjadi Puteri Indonesia.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi