ERA.id - Memasarkan produk kepada calon pembeli dapat dilakukan melalui media promosi. Satu hal yang menjadi dasar penyampaian adalah melalui penulisan/copywriting.
Copywriting adalah sebuah tindakan atau pekerjaan menulis yang bertujuan sebagai sarana promosi, iklan, ataupun kebutuhan pemasaran lainnya. Salah satu jenis copywriting yang dapat diterapkan adalah 'Hypnotic Copywriting'.
Hypnotic copywriting merupakan salah satu bentuk dari copywriting yang bertujuan mendorong konsumen untuk bertindak sesuai dengan tujuan copywriting yang dibuat. Kata-katanya berhasil menghipnotis para pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Apabila copywriting biasa fokus terhadap fitur dan keunggulan suatu produk, maka hypnotic copywriting akan fokus kepada permasalahan yang dihadapi oleh calon pelanggan dan membawanya ke kondisi hipnosis.
Oleh karena itu, Hypnotic copywriting dapat membantu untuk mempengaruhi perilaku ataupun proses pengambilan keputusan dari konsumen. Hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap bisnismu.
Skill copywriting yang baik dan dapat merangkainya menjadi kata-kata yang dapat menyentuh hati konsumen, akan memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk Anda.
Yosef Adji Baskoro, seorang expert digital marketing bersama Ninja Xpress membagikan tips bagaimana menerapkan teknik Hypnotic copywriting. Berikut tips hypnotic copywriting dari keterangan resmi Ninja Xpress yang diterima oleh Era.id.
1. Libatkan Imajinasi dan Indera Pembaca
Dalam penulisan konten pemasaran, upayakan tulisan yang dibuat dapat membangkitkan imajinasi pembaca. Seperti dalam ilmu self-hipnosis dimana ada proses membayangkan diri berada dalam tempat yang nyaman dan melibatkan seluruh indra sebelum pada akhirnya mensugesti alam bawah sadar.
Hal ini juga berlaku dalam penulisan. Dengan melibatkan imajinasi dan indera pembaca, akan membantu pembaca membayangkan diri mereka pada situasi yang digambarkan juga bagaimana produk yang Anda pasarkan dapat menjadi solusi dari apa yang dibutuhkan.
2. Gunakan Teknik 'Klaim, Bukti, Keuntungan'
Teknik ini dapat digunakan untuk menjawab permasalahan maupun keresahan dalam tulisan. Anda dapat memulainya dari menyebutkan keresahan yang mungkin dihadapi.
Kemudian melakukan klaim bahwa kendala tersebut dapat teratasi. Lalu berikan bukti bahwa yang Anda katakan adalah benar. Setelah itu ditutup dengan keuntungan yang akan didapat jika menggunakan produk maupun jasa yang Anda tawarkan akan menyelesaikan masalah yang dialami calon konsumen.
3. Perkaya Penggunaan Kosa Kata
Semua teknik copywriting termasuk Hypnotic Copywriting dapat berhasil ketika penulis memiliki kosa kata yang kaya. Hal ini dapat dilatih dengan membaca berbagai produk tulisan baik itu artikel, berita, novel, cerita dan tulisan lainnya.
Untuk memberikan gambaran mengenai tulisan yang menghipnotis, penulisan yang Anda siapkan dapat menggunakan sudut pandang orang pertama, maupun sudut pandang orang ketiga.
4. Tarik Perhatian dengan Headline yang Menarik
Penulisan headline merupakan aspek penting dalam hypnotic copywriting. Pemilihan headline yang menarik, akan menentukan keputusan calon pelanggan Anda untuk menyelesaikan membaca informasi yang disajikan.