Apa Itu Mind Mapping dan Seberapa Penting Untuk Perencanaan?

| 13 Mar 2023 18:05
Apa Itu Mind Mapping dan Seberapa Penting Untuk Perencanaan?
Apa itu mind mapping (unsplash)

ERA.id - Dalam rangka memperjelas dan mengorganisir gagasan atau konsep, dibutuhkan sebuah teknik visualisasi ide yang biasa disebut dengan “mind mapping”. Lantas apa itu mind mapping? Artikel ini akan membahas pengertian dan tujuan penggunaannya.

Teknik mind mapping biasanya melibatkan pembuatan diagram yang menggunakan cabang dan sub cabang yang dihubungkan dengan satu sama lain untuk menunjukkan keterkaitan antara gagasan atau informasi yang berbeda.

Apa Itu Mind Mapping?

Mind Mapping atau “Peta Pikiran” adalah cara mudah untuk mencurahkan pendapat secara organik tanpa perlu mengkhawatirkan urutan dan strukturnya. Cara ini memungkinkan Anda menyusun ide-ide secara visual untuk membantu analisis dan mengingat. Cekup efektif bagi Anda yang sering pikun!

mind mapping membantu otak dalam mengingat (unsplash)

Mind Map secara umum berwujud diagram untuk mempresentasikan tugas, kata, konsep yang dihubungkan dan disusun di sekitar konsep atau subjek utama menggunakan tata letak grafis non-linier.

Penggunaan mind mapping memungkinkan pengguna untuk membangun kerangka kerja intuitif di sekitar konsep utama.

Selain itu, mind maping dapat mengubah daftar panjang informasi yang monoton menjadi diagram yang penuh warna, mudah diingat, dan sangat terorganisir (yang bekerja sesuai dengan cara alami otak Anda dalam melakukan sesuatu).

Dalam mind mapping, sebuah ide atau topik utama ditempatkan di tengah gambar dan cabang-cabang lain yang mewakili ide-ide atau topik terkait ditempatkan di sekitarnya. Setiap cabang kemudian dapat diperluas lagi dengan sub cabang untuk menunjukkan lebih banyak detail atau informasi terkait.

Mind mapping dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti membantu mengorganisir informasi, memecahkan masalah, mengembangkan ide, merencanakan proyek, dan meningkatkan kreativitas. Teknik ini sering digunakan oleh individu maupun kelompok dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, bisnis, dan manajemen proyek.

Cara Mind Mapping Memaksimalkan Kekuatan Otak

Ketika Anda mempelajari fungsi otak dan sistem memori, Anda akan menyadari betapa luar biasanya kapasitas dan potensinya. Mind mapping adalah alat yang digunakan untuk memikat, menyenangkan, menstimulasi, dan menantang.

Anda akan menemukan beberapa fakta mencengangkan tentang otak dan fungsinya, dan Anda dapat mengambil langkah besar pertama menuju kebebasan pikiran.

Mind mapping adalah cara yang sangat efektif untuk memasukkan dan mengeluarkan informasi dari dan ke dalam otak Anda. Cara ini adalah cara yang kreatif dan logis untuk mencatat dan membuat catatan yang secara harfiah 'memetakan' ide-ide Anda.

Semua Mind Map memiliki beberapa kesamaan. Mereka memiliki struktur organisasi alami yang memancar dari pusat dan menggunakan garis, simbol, kata, warna dan gambar sesuai dengan konsep yang sederhana dan mudah dipahami oleh otak.

Kemudian Mind Mapping mengubah daftar panjang informasi yang monoton menjadi diagram yang penuh warna, mudah diingat, dan sangat terorganisir yang bekerja sesuai dengan cara alami otak Anda dalam melakukan sesuatu.

Salah satu cara sederhana untuk memahami Mind Map adalah dengan membandingkannya dengan peta kota.

Sederhananya, pusat kota mewakili ide utama; jalan-jalan utama yang mengarah dari pusat kota mewakili pikiran-pikiran utama dalam proses berpikir Anda; jalan-jalan sekunder atau cabang-cabang mewakili pikiran-pikiran sekunder Anda, dan seterusnya.

Dapat disimpulkan jika mind mapping adalah cermin eksternal dari pemikiran Anda yang terpancar dan difasilitasi oleh proses grafis yang kuat. Cara tersebut juga menyediakan kunci universal untuk membuka potensi dinamis otak manusia.

Selain apa itu mind mapping, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi