Percantik Rumah, Sambut Ramadan 2023 dengan 3 Esensi Gaya Japandi

| 15 Mar 2023 11:50
Percantik Rumah, Sambut Ramadan 2023 dengan 3 Esensi Gaya Japandi
Gaya rumah Japandi (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

ERA.id - Ramadan 2023 segera tiba dan sudah menjadi kebiasaan umat Muslim di Indonesia mempersiapkan rumah. Mulai dari bersih-bersih, mengganti dekorasi, dan sebagainya dilakukan menyambut Ramadan 2023. Kamu bisa menata rumah minimalis dengan gaya konsep Japandi.

Japandi adalah konsep gaya hidup minimalis, sederhana, fungsional, dan tetap mengedepankan keindahan. Japandi merupakan konsep kombinasi filosofi Jepang dan Skandinavia yang mengusung gaya hidup esensial yang fokus untuk pemenuhan kebutuhan hidup dan efisiensi.

Terlebih lagi, kombinasi warna dan material dari elemen alam khas Japandi seperti kayu dan warna langit menjelang waktu berbuka puasa dapat membawa kehangatan dalam momen kebersamaan selama bulan Ramadan.

Gaya interior Japandi sangat melekat dengan konsep simpel dan minimalis. Hasilnya, Japandi sangat erat dengan decluttering, organizing, togetherness, dan relaxing at home. Ketiganya dapat menghasilkan rumah estetik.

Interior Communications Manager Dekoruma, Kania Bunga juga memberikan 3 tips mudah memaksimalkan ruangan dengan gaya Japandi untuk sambut Ramadan 2023 saat ditemui di saat ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan pada Selasa (14/3/2023).

Gaya rumah Japandi (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Gaya rumah Japandi (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

1. Decluttering & Organizing

Untuk menyambut Ramadan 2023, kamu bisa melakukan decluttering dan organizing. Pertama, kamu bisa memilah barang dengan cara menyimpan, donasi, menjual hingga membuangnya. Lalu, kamu mengelompokkan barang berdasarkan kategori. Berikutnya, kamu menggunakan kotak penyimpanan atau divider untuk benda kecil. Penggunaan label bisa mempermudahmu untuk mencari barang.

"Kita awalnya bisa decluttering, bagaimana sih memilah barang-barang dengan disumbangkan dan pas banget momen berbagi kebaikan. Terus mikirin barang mana sih yang mau kita jual," ujar Kania.

"Ini mengajarkan anak-anak biar rapih-rapih, bersih dan sampai bulan Ramadan kelar juga rumah tetap bersih, jadi makin nyaman," lanjutnya.

2. Togetherness

Kamu bisa mengoptimalkan tata letak furnitur dan sirkulasi. Lalu, kamu bisa memilih furnitur dan dekorasi yang tepat. Berikutnya, ciptakan suasana estetik dengan barang pendukung lainnya.

"Layoutnya juga harus diperhatikan, furniturnya terlihat bikin nyaman nggak. Jangan lupa dekorasi menjadi penunjang supaya rumah terlihat asik dilihat," katanya. 

3. Relaxing at home

Kania mengungkapkan jiwa dan raga tetap seimbang dan terjaga kesehatannya, maka makin khusyuk ibadahnya. Maka dari itu, kamu bisa menyempatkan untuk melakukan hal menenangkan. Selalu memilih produk yang tepat dan tambahkan elemen alam dalam ruangan guna memberikan efek menyegarkan.

"Sempatin melakukan olahraga, tetap fit dan ngoyo selama bulan puasa. Ini kan juga menjadi kualitas hidup kita. Kita bisa memilih produk tepat, seperti bantal, guling yang bikin nyaman supaya badan makin segar."

Rekomendasi