Mengenang Nani Wijaya, Golden Girl Perfilman Indonesia Sejak Era 1960

| 16 Mar 2023 11:20
Mengenang Nani Wijaya, Golden Girl Perfilman Indonesia Sejak Era 1960
Nani Wijaya (Instagram)

ERA.id - Kabar duka datang dari industri seni peran Indonesia. Aktris senior Nani Wijaya meninggal dunia di usianya yang ke-78 tahun pada Kamis (16/3/2023).

Kepergian Nani Wijaya meninggalkan duka bagi keluarga bahkan publik yang sudah mengenal karyanya sebagai aktris sejak lama. Inilah profil Nani Wijaya, aktris senior yang juga dijuluki Golden Girl perfilman Indonesia.

1. Memulai karier di tahun 1960an

Nani Wijaya (Instagram) 

Nani Wijaya memulai kariernya sebagai aktris sejak tahun 1960an. Film pertama yang dibintanginya adalah Darah Tinggi, saat usianya masih 16 tahun.

Popularitas Nani Wijaya semakin melejit sejak ia membintangi Yang Muda Yang Bercinta pada tahun 1977. Lewat film tersebut Nani Wijaya meraih penghargaan sebagai Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia.

2. Anggota Golden Girls perfilman Indonesia

Selama berkarier, Nani Wijaya membintangi banyak film ternama. Seperti Si Doel Anak Betawi, Gara-gara Janda Kaya, Roda-roda Gila, R.A Kartini, hingga Catatan Si Boy. Bakat akting Nani Wijaya yang mumpuni ini membuatnya dijuluki Golden Girls atau kumpulan aktris senior legendaris bersama Ida Kusumah, Connie Sutedja, dan Rina Hasyim.

3. Bintangi banyak sinetron ternama

Selain film, Nani Wijaya juga terkenal dengan peran-perannya di banyak sinetron ternama Indonesia. Salah satunya sinetron Wah Cantiknya. Dalam sinetron itu, Nani Wijaya beradu peran dengan Anjasmara dan karakternya sebagai ibu yang polos cukup ikonik.

Nani Wijaya berperan sebagai seorang ibu juga melekat saat membintangi sitkom Bajaj Bajuri. Ia juga berperan sebagai ibu dalam sinetron ternama Tukang Bubur Naik Haji The Series.

Hingga di penghujung usianya yang sudah tak lagi muda, Nani Wijaya menghembuskan nafas terakhirnya pada 16 Maret 2023.

Tags : Nani Wijaya
Rekomendasi