Kondisi Nani Wijaya Terkini di RS, Dokter Lakukan Observasi Tiga Hari ke Depan

| 02 Mar 2023 18:33
Kondisi Nani Wijaya Terkini di RS, Dokter Lakukan Observasi Tiga Hari ke Depan
Nani Wijaya (Instagram/@tabloidbintang)

ERA.id - Artis senior Nani Wijaya dirawat di Rumah Sakit (RS) Fatmawati, Jakarta Selatan, karena menderita kesulitan bernapas. Nani Wijaya mengalami sesak napas saat pukul 03.00 WIB pada Rabu (1/3/2023). Bagaimana kondisi Nani Wijaya terkini?

Saat awal kejadian, Nani Kartika anak Nani Wijaya berdiskusi dengan keluarga hingga akhirnya sepakat membawa ibunya ke rumah sakit. Saat dilarikan ke RS, Nina mengungkapkan bahwa ibunya juga sedikit mengigau. 

"Ibu saya dilarikan ke Rumah Sakit Fatmawati karena gejala sesak nafas. Karena sulit bernafas kami sepakat untuk membawa ibu kami," ucap Nina Kartika, di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (1/3/2023).

Nani Wijaya (Instagram/@kabari_99)

Kondisi Nani Wijaya saat Dilarikan ke RS

Nina mengatakan pihak keluarga sepakat membawa Nani Wijaya ke RS setelah kondisinya semakin sesak. 

"Beliau seperti tidak bisa mengeluarkan slime dari paru-paru sehingga sulit untuk bernapas, karena semakin sesak napas kami sepakat keluarga kami membawa ke RS," ucap Nina Kartika.

Saat dibawa ke RS, Nani Wijaya dalam keadaan sadar. Ia bisa melihat dan mengenali siapa yang datang. 

"Tadi setiap siapapun yang datang dia melihat dan mengenali, secara body language dia mengenali siapa yang datang tapi dia tidak bisa mengucapkan karena dia harus mengingat-ingat lagi cucunya atau anaknya yang datang. Seperti itu," cerita Nazaruddin Lubis, anak asuh Nani Wijaya.

Kondisi Nani Wijaya Terkini di RS

Pihak rumah sakit belum mengizinkan Nani Wijaya dibesuk orang lain karena alasan protokol kesehatan. Baru keluarga yang boleh menunggu secara bergantian di rumah sakit. 

Artis Sinta Dewi menyampaikan kabar soal kondisi Nani Wijaya. Sinta Dewi tidak banyak bertanya-tanya kepada keluarga ketika diberi tahu bahwa Nani Wijaya masuk RS. Sinta mengaku tidak enak dan merasa nggak etis jika bertanya mengenai sakit yang dialami oleh Nani.

"Saya juga nggak enak mau tanya, nggak etis kan kalau nanya sakit apa," kata Sinta Dewi.

Nani Wijaya masih dirawat di kamar perawatan ruang High Care Unit (HCU) dengan keluhan kesulitan bernapas. Pada Rabu petang, kondisinya sudah mulai membaik, diungkapkan oleh Nazarudin Lubis. 

"Alhamdulillah tadi saya lihat setelah shalat Maghrib, sudah kembali normal ya. Tetapi, kembali lagi kami atas nama keluarga memohon doanya untuk ibinda kami cepat diberikan kesembuhan seperti sedia kala," kata Nazarudin Lubis.

Nani Wijaya harus menjalani infus dan menggunakan alat bantu pernapasan. Ia juga menggunakan alat pengukur saturasi dan alat untuk mengetahui kondisi jantung. 

Penyakit Nani Wijaya

Nazarudin Lubis mengungkapkan bahwa sebelumnya memang ibunya mengalami komplikasi. Ia memohon doa agar ibunya segera sembuh dan pulih dari sakitnya. 

"Sudah komplikasi juga. Kami memohon kepada khalayak ramai, mohon doanya kepada ibunda kami," kata Nazarudin Lubis.

Nina juga mengungkapkan riwayat penyakit yang diderita oleh Nani Wijaya. Ia mengatakan bahwa ibunya memiliki riwayat penyakit stroke yang membuat bagian sebagian tubuhnya tidak bisa digerakkan. 

Nina juga mengatakan bahwa ibunya mengalami infeksi hingga menyebabkan komplikasi ke ginjal dan leukositnya. Selain itu, Nani juga memiliki riwayat darang tinggi. Selama dua tahun belakangan dirinya tidak bisa berbicara dengan lancar lagi.

"Lalu ada luka di belakang karena terlalu banyak berbaring, ada luka di atas tulang ekornya, sehingga menimbulkan infeksi yang jadi komplikasi ke ginjal dan leukositnya tinggi," jelas Nina.

Nani Wijaya Sudah Istirahat dari Dunia Entertain

Nina mengatakan bahwa Nani Wijaya banyak menghabiskan waktu di rumah sejak dua tahun terakhir. Perempuan yang menginjak usia 80 tahun tersebut tidak lagi menjalani aktivitas syuting. 

Nani Wijaya lebih memilih beristirahat di hari tuanya, mengingat kondisi tubuhnya tidak seprima dulu. 

Demikianlah kabar kondisi Nani Wijaya terkini saat menjalani perawatan di RS Fatmawati. Dokter akan terus mengamati kondisi Nani akan selama tiga hari kedepan. Nina meminta doa kepada masyarakat untuk kesembuhan ibunya. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi