Tunjukkan Dukungan untuk Ukraina, Mahasiswa Jepang Cosplay Jadi Volodymyr Zelenskyy di Hari Wisuda

| 28 Mar 2023 15:12
Tunjukkan Dukungan untuk Ukraina, Mahasiswa Jepang Cosplay Jadi Volodymyr Zelenskyy di Hari Wisuda
Mahasiswa cosplay zelenskyy( (Dok: Twitter/LohoG29i)

ERA.id - Seorang mahasiswa di Universitas Kyoto, Jepang, mengejutkan publik lewat penampilannya. Ia bergaya seperti Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy di hari wisudanya.

Pria yang diketahui bernama Amiki itu membagikan gayanya yang mirip dengan Zelenskyy di hari kelulusan. Ia terlihat memakai kaos dan celana khaki berwarna hijau army seperti ciri khas dari Zelenskyy.

"Saya Presiden Zelenskyy," kata Amiki kepada TV lokal Yomiuri, dikutip BBC, Selasa (28/3/2023).

Lalu, kata Amiki, dia membutuhkan tiga bulan untuk menumbuhkan janggutnya. Sementara untuk alasan memakai cosplay menjadi Zelenskyy, ia mengatakan banyak orang yang menyebut dirinya mirip Presiden Ukraina setelah menumbuhkna janggut.

"Sejak Desember, ketika saya menumbuhkan janggut, saya diberitahu bahwa saya terlihat seperti Presiden Zelensky," ujarnya.

Selain penampilannya yang menarik perhatian, Amiki juga turut membawa sebuah papan penanda yang berisi pesan untuk mendukung Ukraina.

"Kami mendukung Ukraina! Keadilan akan menang pada akhirnya, saya harap begitu. Kemuliaan bagi Ukraina," cuitnya.

Diketahui wisuda tahun ini adalah pertama kalinya dalam tiga tahun para mahasiswa dari universitas tersebut hadir secara langsung karena pandemi.

Tradisi memakai kostum dengan bebas di Universitas Kyoto sendiri sudah terjadi selama bertahun-tahun. Sebelumnya mahasiswa yang dinyatakan lulus sempat cosplay dengan memakai kostum Pokemon hingga Yesus Kristus.

Rekomendasi