Undangan Jill Biden Untuk BLACKPINK Nyaris Terlewat, Penasihat Keamanan Korsel Ketar-ketir Kena Tegur

| 31 Mar 2023 10:33
Undangan Jill Biden Untuk BLACKPINK Nyaris Terlewat, Penasihat Keamanan Korsel Ketar-ketir Kena Tegur
Undangan Jill Biden kepada BLACKPINK tak disampaikan (Instagram/blackpinkofficial)

ERA.id - Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan, Kim Sung Han resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Hal ini diduga karena ia menahan dan tidak menyampaikan undangan ibu negara Amerika Serikat, Jill Biden untuk mengundang BLACKPINK tampil di makan malam kenegaraan.

Seperti diketahui, baru-baru ini BLACKPINK dikabarkan mendapat undangan untuk tampil di acara makan malam Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol. BLACKPINK diminta tampil bersama Lady Gaga di acara tersebut.

Agensi BLACKPINK, YG Entertainment membenarkan bahwa artis mereka memang mendapatkan undangan tersebut. Namun, kini masih dipertimbangkan karena acara tersebut diadakan bertepatan dengan jadwal BLACKPINK untuk konser di Meksiko pada 26 April 2023.

Belakangan diketahui ternyata undangan Jill Biden kepada BLACKPINK ini sudah disampaikan sejak Januari 2023 lalu. Namun, proposal undangan tersebut tidak diterima oleh Presiden Yoon Suk Yeol.

Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan, Kim Sung Han disebut menahan dan melewatkan laporan undangan tersebut kepada Presiden Yoon Suk Yeol. Ketidakpahaman Kim Sung Ham mengenai budaya KPop dikabarkan menjadi alasan undangan tersebut tidak dilaporkan.

"Mereka telah menghapus setidaknya enam laporan terkait hal ini kepada Presiden Yoon," bunyi pemberitaan Koreaboo, pada Jumat (31/3/2023).

Presiden Yoon Suk Yeol akhirnya terlambat mendengar kabar undangan tersebut, dan baru mengetahuinya melalui Kementerian Luar Negeri. Ia sangat marah akan hal ini karena bisa merusak hubungan kedua negara.

Kejadian ini pun berdampak kepada Kim Sung Han yang memutuskan untuk mundur dari jabatannya karena kelalaiannya. Sementara itu, meskipun akhirnya pihak terkait mengetahui tentang undangan itu, kesempatan bagi semua pihak untuk berkomunikasi memakan waktu cukup lama.

Rekomendasi