Keutamaan Sholat Witir, Salah Satunya Ditonton Malaikat, Yakin Tidak Ingin Mengerjakannya?

| 01 Apr 2023 18:05
Keutamaan Sholat Witir, Salah Satunya Ditonton Malaikat, Yakin Tidak Ingin Mengerjakannya?
Keutamaan sholat witir (unsplash)

ERA.id - Sholat witir adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah sholat Isya dan sebelum sholat subuh. Tahukan Anda, terdapat beberapa keutamaan sholat witir? Jawabannya, dapat ditemukan melalui artikel ini.

Sholat witir memiliki makna "ganjil" dalam bahasa Arab, yang mengacu pada jumlah rakaatnya yang ganjil. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu melaksanakan sholat witir, baik secara berjamaah maupun secara sendirian.

Keutamaan Sholat Witir

Dilansir dari laman resmi Kementerian Agama, berikut ini terdapat 10 keutamaan dari sholat witir:

  1. Tambahan Shalat

    Shalat witir seringkali dijadikan sebagai tambahan (unsplash)

Shalat witir seringkali dijadikan sebagai tambahan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan di antara waktu sholat fardhu yakni setelah shalat isya dan sebelum waktu shalat subuh. 

  1. Menyempurnakan Shalat Malam

Kemudian Shalat witir dikenal juga sebagai penutup dari shalat malam karena dapat dilaksanakan sebelum tidur atau juga setelah bangun tidur. Perlu diketahui, tanpa shalat witir,  maka tidak akan sempurna shalat malam.

  1. Disukai Allah SWT

Menariknya, Allah sangat menyukai sesuatu yang ganjil karena Allah adalah satu dan rakaat shalat witir adalah ganjil. Dengan demikian, shalat witir merupakan salah satu ibadah yang dicintai Allah SWT.

  1. Bernilai

Sholat witir diibaratkan lebih baik dari unta merah, yang berarti bahwa shalat witir yang dikerjakan memiliki nilai lebih besar dari nilai seekor unta merah (terutama bila dikerjakan sebelum waktu shalat subuh).

  1. Dapat Dikabulkan Doanya

Perlu diketahui, waktu melaksanakan shalat witir adalahwaktu yang tepat untuk berdoa, dan menjadi waktu untuk dekat dengan Allah SWT. Doa yang dipanjatkan setelah sholat witir bisa jadi merupakan salah satu doa yang akan diijabah oleh Allah SWT.

  1. Ditonton Malaikat

Tidak seperti sholat lainnya, shalat witir yang dilaksanakan pada penghujung malam akan disaksikan oleh malaikat. Mereka akan ikut mendoakan kita kepada Allah SWT dan keberkahan akan menyertai siapa saja yang melaksanakan shalat witir.

  1. Nabi Selalu Mengerjakannya

Terdapat tiga perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW dalam hidupnya yakni berpuasa selama tiga hari setiap bulan, melaksanakan shalat dhuha dan melaksanakan shalat witir.

Perlu diketahui, Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan salat witir dan apabila ia meninggalkannya, beliau akan mengqadha shalat witir yang ditinggalkannya tersebut.

  1. Diberi Petunjuk dan Kekuatan Allah SWT

Umat yang melaksanakan shalat witir akan semakin kuat dalam menghadapi cobaan dunia dan doanya akan selalu didengar oleh Allah SWT.

Petunjuk akan selalu menyertai mereka yang menjalankan perintah serta melakukan apa yang Allah SWT cintai. Pada saat shalat witir, ada doa qunut yang bisa dibaca sebagai permohonan petunjuk dan keselamatan kepada Allah SWT.

  1. Menjadi Amalan Ahli Al-Quran

    Rasulullah SAW menganjurkan untuk mengerjakan shalat witir (unsplash)

Para ahli Al-Quran dari kalangan sahabat adalah orang-orang yang hafal Al-Quran dan sangat berkomitmen untuk mengamalkan serta mendakwahkannya.

Orang dari golongan ini merupakan sahabat-sahabat nabi yang paling utama. Dan salah satu amalan sunnah yang diperintahkan Rasulullah SAW kepada mereka adalah untuk mengerjakan shalat witir. Tujuannya agar mereka semakin dicintai Allah SWT.

  1. Diwasiatkan Dikerjakan Setiap Hari

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:

“Kekasihku (Muhammad) shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan, salat duha dua rakaat dan salat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain keutamaan sholat witir, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi