Keutamaan Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan, Simak Hadits yang Menakjubkan Ini

| 05 Apr 2023 23:05
Keutamaan Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan, Simak Hadits yang Menakjubkan Ini
Keutamaan khatam Al-Quran di bulan Ramadhan (Pixabay)

ERA.id - Bulan Ramadhan merupakan bulan mulia dan berkah yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Selain itu, ada keutamaan khatam Al-Quran di bulan Ramadhan yang bisa didapatkan, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT di bawah ini:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185)

Adapun keutamaan membaca Al-Quran sudah banyak dijelaskan, salah satunya adalah hadits berikut:

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Selanjutnya Sabda Nabi pada hadits yang lain:

“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” ( HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468)

Keutamaan Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan

Ilustrasi Al-Quran (Pixabay)

Keutamaan mengkhatamkan Quran di bulan Ramadhan tentunya sangat besar. Hal ini dicontohkan langsung oleh Nabi Shallallahu ’alaihi wa salam. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

“Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya).” ( HR. Bukhari no. 4614)

Umat muslim disarankan untuk mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan pada shalat tarawih. Praktek shalat tarawih dilakukan dengan menargetkan khatam Al-Quran selama bulan Ramadhan. Dalam shalat tarawih satu malam, yang dibaca bisa sebanyak satu juz. Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata,

“dipahami dari (hadits) tersebut, bahwa Imam membaca Al-Quran seluruhnya (sampai khatam) bersama jamaah pada Bulan Ramadhan termasuk dalam mudarasah ini (yaitu mudarasah Nabi Shallallahu ’alaihi wa salam bersama malaikat Jibril alaihissalam). Oleh karena itu Imam Ahmad rahimahullah suka terhadap Imam yang mengkhatamkan Al-Quran. Ini adalah amal para salaf yaitu mendengarkan Al-Quran seluruhnya. Akan tetapi hal ini bukan kewajiban, agar supaya bersegera dan tidak membaca secara perlahan-lahan. Ia tidak mencari kekhusyu’an dan tuma’ninah. Bahkan mencari hal ini (khusyu’ dan tuma’ninah) lebih utama daripada perhatian terhadap mengkhatamkan.” (Majmu’ Fatawa bin Baz 15/324, Asy Syamilah)

Adapun keutamaan lainnya ketika seorang muslim membaca alquran dan mengkhatamkannya, akan ada 60 ribu malaikat yang memohonkan ampun untuk orang tersebut.

Hal ini didasarkan dalam hadits:

 "Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur'an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya." (HR. ad-Dailami).

Tidak Termasuk Kewajiban

Adapun kegiatan mengkhatamkan Al-Quran selama bulan Ramadhan tidak termasuk kewajiban, seperti yang dikatakan syaikh Al-‘Utsaimin rahimahullah,

 “Mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan bagi orang yang berpuasa bukanlah perkara yang wajib. Namun, sebaiknya seseorang memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Ramadhan.” (Majmu’ Fatawa wa Rasail 20/516)

Demikianlah ulasan mengenai keutamaan mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan. Meskipun tidak menjadi ibadah wajib, sudah semestinya sebagai seorang muslim yang baik agar meluangkan waktunya dalam mengkhatamkan Al-Quran dan mempergunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi