Forbes Depak Elon Musk dari Posisi Puncak Miliarder Tahunan, Gegara Twitter?

| 06 Apr 2023 16:18
Forbes Depak Elon Musk dari Posisi Puncak Miliarder Tahunan, Gegara Twitter?
Elon Musk (instagram)

ERA.id - Elon Musk secara resmi didepak dari posisi puncak daftar miliarder tahunan oleh Forbes. Posisinya kini digantikan oleh pemimpin barang mewah Prancis, LVMH, Bernard Arnault. 

Kepala Tesla dan Twitter itu sekarang menjadi miliarder terkaya kedua, dengan kekayaan sekitar USD180 miliar, lebih rendah USD39 miliar dari tahun sebelumnya. Posisi teratas diberikan kepada Bernard Arnault, ketua raksasa barang mewah Prancis LVMH. Kekayaan bersihnya meningkat lebih dari USD50 miliar pada tahun lalu menjadi USD211 miliar.

Posisi ini tentu sudah tidak mengejutkan lagi. Hal ini karena Elon dan Bernard saling bertukar posisi selama beberapa bulan terakhir. 

Apalagi Elon Musk juga kedapatan membeli saham Twitter senilai USD44 miliar, yang didanai dari saham Tesla membuat para investor takut sekaligus penurunan tajam dari saham Tesla tahun lalu. Tesla disebut juga mengalami dampak kerugian tahun ini tetapi jauh lebih rendah sebelum Elon membeli Twitter. 

Selain Elon Musk, pendiri Amazon Jeff Bezos kehilangan uang paling banyak dari miliarder mana pun dalam daftar (USD57 miliar), menjatuhkannya dari posisi kedua ke posisi ketiga. Kerugian tersebut dapat dikaitkan dengan saham Amazon yang kehilangan hampir 40 persen dari nilainya tahun lalu.

Sementara Bernard, Forbes mengatakan pengusaha itu meraup keuntungan melimpah dengan rekor laba tertinggi di konglomerat mewah, yang terdiri dari Louis Vuitton, Christian Dior, dan Tiffany & Co. Saham LVMH telah naik 25 persen selama setahun terakhir.

Forbes mengatakan bahwa jumlah miliarder dalam daftar tahun ini turun menjadi 2.640 (turun dari 2.668), menandai penurunan tahun kedua berturut-turut.

“Ini merupakan tahun yang langka bagi orang-orang terkaya di planet ini,” kata Chase Peterson-Withorn, editor kekayaan senior Forbes, dalam sebuah rilis. 

"Hampir setengah dari daftar itu lebih miskin daripada 12 bulan lalu, tetapi sedikit yang beruntung adalah miliaran atau bahkan puluhan miliar dolar lebih kaya,” sambungnya. 

Lebih dari 250 orang yang masuk dalam daftar tahun lalu tidak muncul di tahun ini, termasuk Kanye West, yang kehilangan kontrak Adidas-nya, dan pendiri FTX Sam Bankman-Fried, yang kehilangan 94 persen kekayaannya dalam satu hari.

Rekomendasi