Bela Aksi TikToker Bima Kritik Pedas Pemerintah Lampung, Najwa Shihab Sematkan Puisi: Suara Itu Menuntut Keadilan

| 18 Apr 2023 14:33
Bela Aksi TikToker Bima Kritik Pedas Pemerintah Lampung, Najwa Shihab Sematkan Puisi: Suara Itu Menuntut Keadilan
Najwa Shihab (Foto: Instagram/@najwashihab)

ERA.id - Presenter sekaligus jurnalis Najwa Shihab membela aksi TikToker Bima Yudho Saputro yang mengkritik pedas Pemerintah Lampung. Perempuan kerap disapa Mbak Nana ini menyematkan puisi karya Wiji Thukul yang berjudul Sajak Suara.

Melalui Instagram pribadinya, Najwa Shihab mengutip puisi karya Wiji Thukul yang dipersembahkan untuk sang konten kreator yang tinggal di Australia ini karena sudah berani mengkritik Pemerintah Lampung.

"#MingguPuisi untuk Bima, Lampung dan semua yang bersuara. Sajak Suara, oleh Wiji Thukul," tulis Najwa Shihab, dikutip dari akun Instagram @najwashihab pada Selasa (18/4).

"Sesungguhnya suara itu tak bisa diredam. Mulut bisa dibungkam. Namun siapa mampu menghentikan nyanyian bimbang dan pertanyaan-pertanyaan dari lidah jiwaku," lanjutnya.

Dalam puisi itu, disebutkan bahwa seseorang yang berani mengutarakan suaranya tidak bisa dipenjara. Apalagi, suara yang disampaikan bukanlah perampok, melainkan keresahan dirasakan selama ini.

"Suara-suara itu tak bisa dipenjarakan. Di sana bersemayam kemerdekaan

apabila engkau memaksa diam. Aku siapkan untukmu: pemberontakan. Sesungguhnya suara itu bukan perampok yang ingin menjarah hartamu. Ia ingin bicara mengapa kau kokang senjata dan gemetar ketika suara-suara itu menuntut keadilan?," katanya.

"Sesungguhnya suara itu akan menjadi kata. Ia yang mengajari aku untuk bertanya dan pada akhirnya tidak bisa tidak engkau harus menjawabnya apabila engkau tetap bertahan aku akan memburumu seperti kutukan," lanjutnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka ramai-ramai membela TikToker Bima yang mengkritik pedas Pemerintah Lampung.

"Apa yang dikatakan Bima itu benar adanya, harusnya malu para pemangku jabatan, jangan waktu pilkada butuh rakyat," tulis akun @tanuu****

"Butuh lebih banyak sosok seperti Bima untuk menghancurkan oligarki di negri tercinta ini," komentar akun @aditya_mu*****

"Semua yang di bilang Bima itu bener jalan di Lampung pada begitu sebelumnya gada yang speak up baru kali ini speak up membantu masyakarat Lampung untuk menyuarakan suaranya bagaimana keadaan di Lampung diaman petingginya enak enakan nggak ada kerjaan nyatanya," kata akun @rozi****

Diketahui, Bima Yudho pemilik akun TikTok @awbimaxreborn menyampaikan pendapatnya mengenai Lampung yang tidak kunjung ada kemajuan. Sayangnya, ia malah dilaporkan ke Polda Lampung oleh warga bernama Ginda Ansori.  Dia dilaporkan atas kasus dugaan penghinaan dalam video viral mengkritik Pemerintah Provinsi Lampung.

Rekomendasi