Bakal Dipersunting Yakup Hasibuan, Jessica Mila Resmi Sandang Marga Batak, Untuk Apa?

| 30 Apr 2023 14:10
Bakal Dipersunting Yakup Hasibuan, Jessica Mila Resmi Sandang Marga Batak, Untuk Apa?
Jessica Mila (Instagram/jscmila)

ERA.id - Jessica Mila akan menikah dengan kekasihnya, Yakup Hasibuan dalam waktu dekat. Menjelang acara pernikahan, Jessica dan Yakup harus menjalani sejumlah prosesi adat pernikahan Batak.

Salah satu prosesi adat batak yang mereka lakukan adalah Mangain, yang merupakan pemberian marga kepada Jessica Mila yang bukan berasal dari suku Batak. Pemberian marga ini bertujuan agar kedepannya Yakup dan Jessica bisa menjalankan adat Batak.

Jessica Mila pun diberikan marga Damanik. Ini lantaran ibunda Yakup Hasibuan juga bermarga Damanik.

"Karena mau menjalankan adat, Mila diangkat dulu menjadi Boru Damanik. Kenapa Damanik? Karena istri saya kan Damanik," kata ayah Yakup Hasibuan, Otto Hasibuan, di YouTube Intens Investigasi.

"Mila diangkat jadi anaknya kakak saya," sambung Norma Damanik, ibunda Yakup Hasibuan.

Setelah diberikan marga, Jessica dan Yakup menjalani martupol atau lamaran yang wajib dilakukan dalam prosesi pernikahan adat Batak beragama Kristen. Pada prosesi ini, keduanya melakukan pengumuman akan pernikahan mereka.

"Hari ini rangkaian kedua namanya Martupol. Martupol ini sebenarnya pra-nikah. Jadi kalau ada orang mau kawin, dia nawas dulu kepada jamaat, ada nggak yang komplain, yang keberatan atas perkawinan itu, itu inti acaranya. Tadi juga sekalian acara tukar cincin," jelasnya.

Sementara itu, Jessica Mila dan Yakup Hasibuan akan menerima pemberkatan nikah pada 5 Mei 2023 mendatang. Sebelumnya mereka juga sudah melakukan foto pre-wedding di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Rekomendasi