Tugas Bridesmaid dan Groomsmen Menjelang Pernikahan hingga Hari H

| 22 May 2023 22:10
Tugas Bridesmaid dan Groomsmen Menjelang Pernikahan hingga Hari H
Ilustrasi tugas bridesmaid (Freepik)

ERA.id - Acara pernikahan menjadi momen yang sangat dinantikan oleh orang-orang terdekat pengantin pria maupun wanita. Biasanya ada saudara, keluarga, atau sahabat pengantin yang diminta menjadi bridesmaid dan groomsmen. Apa saja tugas bridesmaid dan groomsmen?

Setiap mempelai pengantin pastinya ingin ada orang-orang terdekat yang mendampingi di hari pernikahan. Biasanya mereka diberi tugas khusus untuk mendampingi pengantin, baik sebagai bridesmaid maupun groomsmen. Bridesmaid adalah pendamping perempuan selama acara pernikahan. Sementara groomsmen adalah pendamping atau pengantar mempelai pria. 

Bridesmaid dan groomsmen biasanya berjumlah lebih dari 3 orang atau menyesuaikan keinginan pengantin. Tak hanya mengiringi pengantin, ada sejumlah tugas bridesmaid dan groomsmen lainnya yang perlu Anda tahu. 

Tugas Bridesmaid dan Groomsmen

Calon pengantin biasanya akan memesankan pakaian khusus untuk para bridesmaid dan groomsmen yang sudah dipilih. Orang-orang yang menjadi bridesmaid dan groomsmen memiliki kehormatan untuk mendampingi pengantin. 

Tugas bridesmaid dan groomsmen sedikit berbeda. Selain punya peran mendampingi pengantin, berikut ini tugas-tugas bridesmaid dan groomsmen.

Tugas Bridesmaid

Membantu Persiapan Pernikahan

Bridesmaid harus selalu siap membantu pengantin dalam mempersiapkan acara pernikahan, baik saat hari H maupun sebelum pelaksanaan acara. Jadi seorang bridesmaid harus menyiapkan diri mengikuti persiapan acara pernikahan sejak jauh-jauh hari, mulai dari fitting baju, mencari makeup artist, dan persiapan lainnya. 

Menyiapkan Bridal Shower

Bridesmaid juga bertugas untuk mempersiapkan acara bridal shower atau selebrasi merayakan lepas masa lajang. Biasanya bridal shower dilakukan di tempat seperti restoran, hotel, kafe, dan sebagainya. 

Teman Curhat

Bridesmaid harus selalu hadir untuk menjadi tempat curhat calon pengantin wanita menjelang hari acara pernikahan. Bridesmaid harus menjadi pendengar yang baik bagi keluh kesah atau perasaan mempelai dalam menghadapi hari pernikahan. 

Menjaga Barang Pengantin

Bridesmaid juga bertugas untuk mengamankan atau menjaga barang-barang penting milik pengantin, seperti dompet, handphone, perhiasan, dan lainnya. Sebab saat pelaksanaan pernikahan, pastinya pengantin dan keluarganya akan repot menjalani acara. 

Memastikan Pengantin Tidak Kelaparan

Bridesmaid juga harus memastikan calon pengantin tidak kelaparan. Biasanya pengantin mudah merasa lapar atau terkuras banyak energinya saat harus bertemu banyak tamu dan memikirkan persiapan acara. 

Tugas Groomsmen

ilustrasi groomsmen (Freepik)

Menghadiri Semua Acara

Groomsmen harus mendampingi pengantin laki-laki dalam semua acara sebelum hari H pernikahan. Groomsmen turut hadir sebagai penerima tamu dan membantu persiapan acara pernikahan. 

Mendampingi Pengantin Pria

Groomsmen juga bertugas untuk mengiringi pengantin laki-laki menuju pelaminan. Saat acara pernikahan, groomsmen dan bridesmaid akan berjalan di belakang pengantin untuk mengantarnya ke pelaminan. 

Membantu Pengantin Pria saat Sesi Games

Dalam acara pernikahan biasanya juga terdapat sesi games, seperti bridesmaid challenge. Groomsmen harus membantu mempelai pria untuk menjemput calon pengantin wanita dengan mengikuti aturan main yang ditentukan oleh bridesmaid. 

Memastikan Pengantin Pria Tidak Kelaparan

Groomsmen juga harus selalu memperhatikan kondisi pengantin pria mulai dari sebelum acara pernikahan. Groomsmen harus memastikan bahwa pengantin pria tidak kelaparan di tengah kegiatan menerima banyak tamu. 

Demikianlah tugas-tugas bridesmaid dan groomsmen dalam sebuah acara pernikahan. Para bridesmaid dan groomsmen harus membantu persiapan acara pernikahan mulai dari sebelum hari H hingga pernikahan dilaksanakan. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi