7 Manfaat Membaca Komik yang Perlu Kamu Tahu

| 26 Jun 2023 08:00
7 Manfaat Membaca Komik yang Perlu Kamu Tahu
Ilustrasi komik (Antara)

ERA.id - Sampai saat ini minat membaca masyarakat Indonesia dibanding dengan negara-negara lain masih sangat rendah. Padahal manfaatnya banyak sekali. Jenis bacaan yang bisa menjadi sumber pengetahuan pun beragam. Salah satunya adalah komik dewasa yang mengangkat berbagai tema menarik.

Jika sebelumnya banyak yang mengira, komik hanya sesuai untuk anak-anak, ternyata tidak demikian. Alur cerita yang sesuai dan ilustrasinya bisa menarik minat orang dewasa untuk membacanya. Tidak heran jika banyak penulis yang mengemas idenya dalam bentuk komik untuk menyajikan berbagai pengetahuan, informasi dan berita. Tertarik untuk baca komik dewasa? Cek informasi aplikasi terbaik untuk baca komik dewasa melalui WongCerdas.com.

Manfaat Membaca Komik bagi Orang Dewasa

Banyak yang menganggap komik merupakan bacaan ringan yang hanya berisi hiburan. Namun pada kenyataannya tidak demikian. Banyak penulis dan kreator yang menuangkan ide dalam bentuk komik yang mempunyai beragam manfaat. Justru karena dikemas menarik dengan banyak gambar ini, pembaca tidak merasa digurui, mendapat pengetahuan sekaligus hiburan.

Komik dewasa juga dianggap sebagai penghilang stres sehingga tidak sedikit yang memilihnya sebagai jenis bacaan dengan membeli buku fisik, ebook maupun berlangganan aplikasi yang menyediakannya. Bagi orang dewasa, manfaat membaca komik antara lain:

1. Meningkatkan semangat membaca

Sudah banyak yang mengetahui manfaat membaca namun belum dapat meningkatkan semangatnya untuk menambah pengetahuan melalui bahan bacaan. Diantara alasannya adalah membaca buku dianggap terlalu berat dan membosankan. Sebagai salah satu cara untuk membangkitkan semangat, kamu bisa memilih komik.

Meski banyak mengandung pesan, namun karena disajikan dalam bentuk gambar dan hanya memuat beberapa kalimat, komik dianggap sebagai bacaan ringan. Karena itu, tidak sedikit orang yang membaca komik terlebih dulu sebelum membaca buku dengan tema berat agar bersemangat.

2. Bisa mendorong pola pikir yang berbeda

Materi atau tema yang dibahas dalam komik sangat beragam. Ini bisa mendorong pola pikir yang berbeda terhadap apa yang disampaikan penulis. Pembaca bisa menambah wawasan dan pemikiran dari apa yang dibacanya dalam komik tersebut.

3. Mendorong otak bekerja lebih maksimal

Pada saat membaca tema yang menarik, fungsi otak akan terdorong untuk berkonsentrasi mengikuti dan memahami bacaan tersebut. ini sangat baik bagi otak karena akan terangsang untuk bisa bekerja secara maksimal. Lebih menguntungkan lagi, perubahan ini tidak hanya terjadi pada saat proses membaca saja, tetapi tetap berlangsung meski kamu sudah menyelesaikan bacaan.

Karena disajikan dalam bentuk gambar, komik lebih menarik dan materi yang disampaikan mudah dipahami. Dalam sekali membaca, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Jika membaca komik menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap mempunyai waktu kosong, maka akan banyak sekali manfaat yang diperoleh.

4. Memperkuat daya ingat

Manfaat membaca komik selanjutnya adalah memperkuat daya ingat. Pada saat membaca, kamu akan terdorong untuk mengingat gambar atau tulisan apa yang sudah dibaca di halaman sebelumnya.

Karena per halaman dan per bab berkaitan, jika kamu lupa, maka otak akan dirangsang untuk mengingatnya kembali. Secara langsung hal ini akan merangsang kerja otak untuk meningkatkan daya ingat.

5. Meningkatkan imajinasi

Gambar tokoh, karakter dan cerita yang dimuat dalam sebuah komik sangat mudah menarik perhatian pembaca. Daya imajinasi pembaca pun akan meningkat karena memvisualisasikan gambar dan karakter tersebut. Ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan kerja pikiran dalam jangka pendek dan panjang sehingga lebih kreatif.

Bagi orang dewasa, kemampuan berimajinasi ini bisa mendukung karir karena akan mudah menemukan solusi ketika menghadapi masalah. Tidak harus mengikuti pelatihan khusus atau training berbayar yang mahal, membaca komik cukup mendorong dalam meningkatkan karir.

6. Pereda stres

Banyaknya pekerjaan dan masalah sehari-hari yang dihadapi seseorang dapat memicu munculnya stres. Salah satu cara untuk meredakannya adalah dengan membaca komik yang menarik. Ceritanya yang lucu atau menik bisa sebagai pereda stres dan sejenak mengalihkan pikiran dari persoalan sehari-hari maupun pekerjaan.

7. Menjadi hiburan setelah bekerja

Otak yang sepanjang hari digunakan untuk bekerja perlu kegiatan yang menarik untuk membuatnya rileks kembali. Salah satunya dengan membaca komik dengan berbagai tema. Bacaan yang berisi tema ringan dalam menjadikan pikiran kembali tenang sehingga siap untuk bekerja kembali.

Saat ini untuk bisa membaca berbagai tema komik yang menarik semakin mudah. Kamu tidak harus membelinya dalam bentuk buku fisik karena tersedia banyak platform yang menyediakannya, baik gratis maupun berlangganan. Untuk kepuasan penggunanya, platform-platform ini terus menambah koleksi komik dengan berbagai genre.

Informasi berkaitan dengan platform penyedia komik bisa kamu dapatkan di WongCerdas.com. Situs ini menyediakan berbagai informasi penting yang berkaitan dengan teknologi dan hiburan. Tampilan websitenya simpel dan user friendly sehingga pengunjung mudah menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Kegiatan membaca komik dewasa mempunyai banyak manfaat yang sangat penting bagi semua orang. Karena itu, kamu bisa mengisi waktu senggang dengan membacanya. Apalagi saat ini untuk mendapatkan bacaan berkualitas dan menarik sangat mudah. Kamu tidak perlu membawa buku kemana-mana, cukup dengan membuka platform yang menyediakannya dari smartphone saja.

Tags : komik
Rekomendasi