Gendongan Bayi yang Aman Menurut Dokter, Berikut Jenis dan Tips Memilihnya

| 24 Feb 2024 07:27
Gendongan Bayi yang Aman Menurut Dokter, Berikut Jenis dan Tips Memilihnya
Gendongan bayi yang aman menurut dokter (unsplash)

ERA.id - Memilih gendongan bayi yang tepat dan aman merupakan hal penting bagi orang tua. Lantas apa saja jenis dan tipe gendongan bayi yang aman menurut dokter?

Perlu diketahui, gendongan yang nyaman dan ergonomis dapat membantu orang tua mengasuh bayi dengan lebih mudah, dan juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi bayi.

Artikel ini akan membahas tentang gendongan bayi yang aman menurut dokter, dengan meninjau berbagai jenis gendongan, tips memilih gendongan yang tepat, dan cara menggunakan gendongan dengan aman.

Memilih Gendongan Bayi yang Aman Menurut Dokter

Memilih gendongan bayi yang tepat sangatlah penting untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bayi Anda. Saat ini, terdapat berbagai jenis gendongan di pasaran, mulai dari kain gendongan tradisional hingga gendongan modern dengan desain ergonomis.

Dilansir dari laman AI Care, berikut ini terdapat beberapa tips memilih gendongan bayi yang baik berdasarkan jenis gendongan

  • Kain gendongan: Cocok untuk bayi baru lahir, menawarkan kedekatan dan kelembutan, namun membutuhkan latihan untuk mengikatnya dengan benar.
  • Ring sling: Praktis dan mudah digunakan, ideal untuk menggendong bayi di satu bahu, namun mungkin kurang ideal untuk bayi yang lebih besar.
  • Baby wrap: Memberikan dukungan yang baik untuk bayi dan orang tua, dapat digunakan dalam berbagai posisi, namun membutuhkan waktu untuk mempelajari cara mengikatnya dengan benar.
  • Mei Tai: Mirip dengan baby wrap, namun memiliki tali yang lebih mudah diikat dan bantalan ekstra untuk kenyamanan bayi.

Tips Memilih Gendongan Bayi yang Aman dan Nyaman

Memilih gendongan bayi yang tepat merupakan hal penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan si kecil. Salah memilih gendongan dapat berakibat fatal, seperti cedera pada bayi dan menghambat perkembangan otot panggulnya. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih gendongan bayi:

Tips Memilih Gendongan Bayi (unsplash)
  1. Perhatikan Usia Bayi

Jenis gendongan yang Anda pilih harus sesuai dengan usia bayi. Hindari gendongan jenis backpack untuk bayi di bawah 4 bulan karena kontrol gerakan kepalanya masih terbatas.

Baby sling juga tidak direkomendasikan untuk bayi prematur, dengan berat lahir rendah, dan di bawah 4 bulan. Saat bayi sudah lebih aktif, Anda dapat memilih gendongan seperti mei tai, soft carrier, atau gendongan di punggung.

  1. Pastikan Kenyamanan Ibu dan Bayi

Gendongan yang aman dan nyaman bagi ibu dan bayi adalah hal yang penting. Saat menggendong, pastikan bayi merasa dipeluk dan Anda dapat melihat serta mencium wajahnya dengan mudah. Posisi dagu bayi juga tidak boleh tertekuk ke dada sehingga pernapasannya tidak terhambat.

  1. Pilih Bahan yang Nyaman dan Kuat

Gendongan bayi digunakan untuk menyangga bayi dalam waktu lama, maka pilihlah bahan yang nyaman dan kuat. Jika memilih gendongan dengan gesper klik, pastikan gespernya dapat mengunci posisi dengan kuat dan stabil.

Beberapa jenis gendongan membutuhkan latihan untuk terbiasa menggunakannya dengan benar. Maka luangkan waktu untuk berlatih menggunakan gendongan tersebut dalam posisi yang benar.

Selain gendongan bayi yang aman menurut dokter, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi