Apa Itu Mashariq dan Mengapa Jadi Kambing Hitam Masalah Jamaah Haji?

| 03 Jul 2023 22:23
Apa Itu Mashariq dan Mengapa Jadi Kambing Hitam Masalah Jamaah Haji?
Apa itu mashariq (Twitter mashariq)

ERA.id - Fase puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina menghadapi sejumlah masalah saat layanan yang disediakan oleh pihak Mashariq tidak dapat dijalankan secara optimal. Lalu apa itu mashariq?

Beberapa permasalahan yang muncul antara lain adalah adanya jemaah non-kuota yang masuk ke tenda Arafah, keterlambatan dalam pemberangkatan dari Muzdalifah menuju Mina yang menyebabkan ketidaknyamanan dan kepanasan bagi jemaah, masalah terkait saluran air bersih dan sanitasi di Mina, serta keterlambatan dalam penyediaan makanan bagi jemaah haji.

Apa Itu Mashariq?

Mashariq, yang merupakan kependekan dari Motawif Pilgrims for Southeast Asian Countries Co., adalah perusahaan yang menyediakan "layanan haji lengkap" bagi 130.000 jemaah dari Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, dan Filipina selama musim haji 2023, seperti yang dikutip dari Arab News.

Perusahaan ini adalah spesialis dalam menyediakan paket haji dan umrah, dan bekerja sama dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi setiap tahunnya untuk memastikan pengalaman terbaik bagi para pelanggannya.

Himpunan Penyelenggara Haji dan Umrah (Himpuh), dalam situsnya, mengungkapkan bahwa Mashariq telah menunjuk PT Hati Barokah Investama (HBI) sebagai operator penyedia makanan bagi jemaah haji dan umrah di Arab Saudi. Penunjukan ini dilakukan dalam acara Pameran Haji dan Umrah di Jeddah pada tanggal 10 Januari 2023.

Direktur Utama PT HBI, Sugiri, menyatakan bahwa mereka akan menyajikan berbagai produk katering unggulan yang telah dikenal oleh jemaah Indonesia dan Asia yang melakukan ibadah di Tanah Suci.

Produk unggulan tersebut diberi nama 'MakanKu' dan merupakan makanan kemasan siap saji dengan desain praktis dan higienis yang dapat bertahan hingga 1 tahun pada suhu ruangan tanpa menggunakan bahan pengawet. Produk ini memiliki 200 varian rasa dan telah bersertifikasi Halal MUI, BPOM, serta ISO:22000, serta memenuhi standar Food HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points).

PT HBI sendiri merupakan perusahaan induk dari PT Halalan Thayyiban Indonesia Tbk. (PT HATI), yang merupakan bagian dari Wong Solo Grup.

Awal Mula Wong Solo Group Menjadi Penyedia Makanan Jemaah Haji

Dilansir dari Antara, Wong Solo Group, melalui anak perusahaannya PT Hati Barokah Investama (PT HBI), menjadi penyedia makanan bagi jamaah haji dan umrah setelah bekerja sama dengan perusahaan Arab Saudi, Mashariq.

Wong Solo Group Menjadi Penyedia Makanan Jemaah Haji (Twitter Mashariq)

Kerja sama tersebut bertujuan untuk memastikan jamaah haji dan umrah Indonesia mendapatkan makanan khas Indonesia yang autentik selama perjalanan mereka. PT HBI, sebagai perusahaan induk dari PT Halalan Thayyiban Indonesia Tbk (PT HATI) yang merupakan bagian dari Wong Solo Group, akan bertanggung jawab dalam upaya ini, sesuai dengan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada hari Jumat.

Kerja sama tersebut dikukuhkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama strategis yang dilakukan selama pameran haji dan umrah di Jeddah, Arab Saudi, pada hari Selasa, 10 Januari 2023.

"Terjalinnya kerja sama strategis antara Mashariq (Motawifs Pilgrims for South-East Asia Countries Company) dan Wong Solo Group merupakan langkah awal untuk hadirnya cita rasa makanan khas Indonesia yang menjadi harapan jamaah haji dan umrah, khususnya jamaah dari Indonesia," ujar Pemilik Wong Solo Group, Puspo Wardoyo.

Selain apa itu mashariq, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Tags : mashariq haji
Rekomendasi