Delapan Bulan Diblokir Gegara Cuitan Offensif, Akun Twitter Kanye West Dipulihkan Elon Musk

| 31 Jul 2023 12:10
Delapan Bulan Diblokir Gegara Cuitan Offensif, Akun Twitter Kanye West Dipulihkan Elon Musk
Twitter Kanye West (Dok: Istimewa)

ERA.id - Akun Twitter milik Kanye West akhirnya dipulihkan setelah 8 bulan diblokir. Elon Musk memutuskan untuk mengembalikan akun Twitter Kanye West. 

Twitter Kanye West berhasil dipulihkan setelah sebelumnya diblokir oleh Elon Musk. Sejak dipulihkan, pria yang mengubah namanya menjadi Ye itu belum membagikan postingan apapun di Twitternya. 

Unggahan terakhir Ye kini menampilkan postingan terakhirnya pada 1 Desember 2022, sehari sebelum ditangguhkan. Rapper AS, dituduh melanggar aturan platform yang melarang hasutan untuk melakukan kekerasan. 

Saat itu, Elon Musk mengatakan bahwa mantan suami Kim Kardashian itu telah berulang kali melanggar kebijakan platform Twitter. 

“Saya mencoba yang terbaik. Meski begitu, dia kembali melanggar peraturan kami tentang hasutan untuk melakukan kekerasan. Akun akan ditangguhkan,” tulis Elon saat itu. 

Penangguhan tersebut mengikuti larangan serupa dua bulan sebelumnya, ketika Ye awalnya dikunci dari akun Twitter dan Instagramnya setelah memposting pesan anti-Semit pada bulan Oktober. Kedua platform menghapus postingannya.

Di bulan yang sama, raksasa pakaian Adidas memutuskan hubungan dengan rapper tersebut, dengan mengatakan pihaknya "tidak mentolerir anti-Semitisme dan segala jenis ujaran kebencian".

Ye juga diskors dari Instagram selama 24 jam pada Maret tahun lalu setelah menggunakan cercaan rasial yang mengacu pada komedian Trevor Noah.

Terkait pemulihan akun Kanye West, Elon Musk belum memberikan komentarnya. Sementara Kanye West belum memposting sesuatu yang baru sejak kembali ke situs, yang telah diubah namanya oleh Elon Musk menjadi X.

Elon Musk sebelumnya juga memutuskan untuk memulihkan akun mantan Presiden AS Donald Trump November lalu setelah melakukan jajak pendapat dengan 51,8 persen suara mendukung pemulihan.

Trump mengatakan dia tidak tertarik untuk kembali ke situs tersebut.

Rekomendasi