Mengapa Belanja Online Lebih Murah? Simak Penjelasannya di Sini

| 12 Aug 2023 07:05
Mengapa Belanja Online Lebih Murah? Simak Penjelasannya di Sini
Ilustrasi belanja online (Foto: Pixabay)

ERA.id - Pada saat ini, belanja online sudah menjadi salah satu cara yang banyak dipilih orang. Sebagian besar orang lebih nyaman dengan belanja online karena terasa lebih efektif. Lantas mengapa belanja online lebih murah? Simak penjelasan di bawah ini.

Berikut adalah alasan mengapa belanja online terkadang bisa lebih murah dibandingkan belanja di toko fisik secara langsung.

Ilustrasi belanja online (PhotoMIX-Company/Pixabay)

Menekan Banyak Biaya

Jika Anda cermati, alur barang di online dengan yang sampai ke toko atau mall akan jatuh mahal jika sampai di toko/mall. Harga barang-barang yang masuk ke department store menjadi mahal karena beberapa hal, misalnya pembayaran biaya ekspedisinya, kantor, gaji SPG (sales promotion girl), dan lainnya. Sehingga dari modal barang perkaliannya menjadi tinggi, bisa 4-5 kali lipat.

Berbeda dengan barang yang dijual online. Harganya bisa lebih murah karena ada beberapa biaya yang bisa ditekan, contohnya adalah biaya distribusi. Jika dijual secara online, produsen hanya membutuhkan kantor, karyawan, dan ekspedisi. Meskipun harga ongkir tiap daerah berbeda, tetapi jika kota si penjual kebetulan dekat dengan kota Anda, tentu Anda bisa mendapatkan ongkir murah, apalagi jika Anda mendapatkan promo free ongkir.

Si penjual adalah tangan kedua atau ketiga

Tangan kedua di sini adalah produsen yang menjual barangnya ke reseller atau penjual pertama dan sebelum barang tersebut dijual lagi ke penjual yang lain. Umumnya, jika mendapat penjual yang menjadi tangan kedua atau pun tangan ketiga, harga tersebut lebih murah daripada di toko karena memang mayoritas yang menjadi tangan kedua atau ketiga akan memilih menjualnya lagi daripada dijual langsung ke konsumen.

Namun ada juga beberapa penjual tangan kedua atau ketiga yang melayani penjualan langsung untuk konsumen. Semakin jauh barang tersebut jatuh ke tangan (penjual) selanjutnya, semakin mahal harga yang akan dipatok.

Membandingkan harga begitu mudah

Membandingkan harga barang online dapat dilakukan dengan mudah, Anda cukup buka aplikasi market place lain atau buka official account si penjual. Dengan demikian Anda dapat membandingkan harga beserta ongkirnya.  Hal ini tentu berbeda jika Anda belanja di toko atau mall, dimana Anda harus berpindah tempat dan membutuhkan uang untuk biaya transport dan parkir.

Promo belum tentu tersedia di toko atau mall

Belanja online sangat lekat dengan adanya promo, apalagi setiap aplikasi belanja online pasti menyediakan layanan flashsale atau barang yang dipromo secara harian. Berbeda dengan toko atau mall yang cenderung mengadakan promo yang mengikuti waktu khusus, seperti Natal, Akhir Tahun, Lebaran, dan sebagainya.

Hemat waktu dan tenaga

Saat Anda berbelanja ke toko atau mall, tentunya ada pengeluaran tak terduga, contohnya, saat Anda kehausan, maka Anda akan membeli air minum dan tergoda melihat jajanan saat selesai berbelanja. Berbeda saat Anda belanja online. Jika sudah yakin dan transfer, Anda cenderung menunggu barang pesanan agar segera sampai.

Demikianlah penjelasan tentang mengapa belanja online lebih murah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi