Persiapan yang Harus Dilakukan Bagi Pemula yang Ingin Ikut Event Lari

| 11 Aug 2023 07:00
Persiapan yang Harus Dilakukan Bagi Pemula yang Ingin Ikut Event Lari
Persiapan untuk mengikuti ajang lari (Pexel/Mateusz Dach)

ERA.id - Beberapa tahun belakangan, aktivitas olahraga semakin digemari masyarakat Indonesia, salah satunya lari. Berbagai event atau ajang lari, seperti maraton mulai ramai diikuti masyarakat, baik yang sudah ahli maupun yang baru memulai.

Bagi pemula yang ingin mengikuti ajang lari, ternyata ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Mulai dari pakaian yang dikenakan saat acara berlangsung.

"Untuk yang newbie nih ya, kita saranin untuk pakai pakaian yang nyaman saja, jangan dipaksakan," Perwakilan Komunitas Lari MetaRun, Zaiful Bahri saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

Persiapan latihan berlari juga harus dilakukan beberapa waktu sebelum hari acara digelar. Ini dilakukan untuk membiasakan tubuh bergerak dan tidak cedera nantinya.

"Kalau bisa ada persiapan dulu nih sebelumnya. Bisa latihan dulu atau lari-lari kecil sebelum acaranya. Itu harus dibiasakan dulu sebelum mendekati hari H. Tubuh kita dibiasakan dulu," tambahnya.

Bagian terpenting menurut Bahri yakni memperhatikan asupan air tubuh selama berlari. Air yang dikonsumsi harus cukup, sehingga tak masalah jika membawa air saat lari.

"Lebih penting lagi juga jangan lupa hidrasinya. Jadi kalau kita gampang haus, gampang capek, bagusan bawa saja botol minum. Jadi kalau haus, langsung saja minum biar hidrasinya terjaga," tuturnya.

Lebih lanjut, Bahri juga mengajak masyarakat untuk semakin menggemari olahraga lari. Menurutnya lari merupakan olahraga yang sederhana dan akan bikin ketagihan, terlebih jika sudah mengikuti ajang lari.

"Lari itu simple, semua orang bisa. Tinggal kemauan dan niat saja. Pertama ikut event pasti nantinya akan kecanduan," pungkasnya.

Rekomendasi