Program Kedai Kreatif Susu Kental Manis Berdayakan Perempuan yang Membangun UMKM

| 16 Aug 2023 16:20
Program Kedai Kreatif Susu Kental Manis Berdayakan Perempuan yang Membangun UMKM
Program untuk UMKM (dok. Frisian Flag)

ERA.id - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang besar dalam perekonomia Indonesia. Diketahui 64,5 persen atau sekitar 37 juta pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan, yang memiliki proyeksi penghasilan cukup besar.

Meski demikian, pada kenyataannya pelaku UMKM masih menghadapi banyak masalah dalam menjalankan usahanya. Seperti kendala dalam mengelola bisnis, hingga minimnya inovasi sehingga membuat usaha berhenti begitu saja.

Demi membantu UMKM perempuan untuk terus maju, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) kembali meluncurkan program Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag "Kekuatan untuk Menang". Program ini bekerja sama dengan Komunitas Ibu Profesional.

Dengan jangkauan area yang lebih luas, program ini juga akan menjangkau peserta yang lebih banyak untuk dikembangkan UMKM-nya. Program ini akan menjadi fasilitaor dan wadah bagi ibu-ibu pelaku UMKM di bidang kuliner untuk mengembangkan potensi usahanya dan menjadi ekosistem ruang tumbuh.

"Kami senang sekali melihat antusias para pelaku UMKM perempuan dalam program ini tahun lalu, sehingga tahun ini kami memperbanyak jumlah peserta dan memperluas cakupan area agar lebih banyak ibu yang menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam bisnis kuliner," kata Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro dalam keterangan resmi.

Pada program ini nantinya akan dilakukan pelatihan pemasaran, keamanan pangan, kreasi resep, food photography, hingga pengalaman penggunaan platform online untuk pengembangan usaha.

Tak hanya itu, program ini juga akan memberdayakan pelaku UMKM perempuan untuk dapat menginspirasi lingkungan sekitarnya. Seperti menemukan ide bisnis di bidang kuliner yang brilian dan inovatif, melalui makanan sehari-hari yang lezat dan terbuat dari susu kental manis (SKM).

Rekomendasi