Terapkan Conscious Consumption, Andien Ungkap Hal yang Dipertimbangkan Saat Beli Barang

| 24 Aug 2023 22:05
Terapkan Conscious Consumption, Andien Ungkap Hal yang Dipertimbangkan Saat Beli Barang
Andien Aisyah (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Dalam kesehariannya penyanyi Andien Aisyah menerapkan prinsip conscious consumption, yakni pola konsumsi dalam membeli produk atau barang dipertimbangkan faktor lingkungan, sosial, dan lainnya. Ini membuatnya memiliki banyak pertimbangan ketika akan membeli barang.

Pertimbangan pertama bagi Andien adalah manfaat barang tersebut baik untuk kesehatannya. Kemudian barang tersebut memiliki dampak yang baik untuk masyarakat atau tidak.

"Yang aku pertimbangkan saat memakai atau beli barang, apakah dia berdampak baik akan kehidupanku, baik jasmani atau rohani," tutur Andien Aisya saat acara Danone-AQUA, Peluncuran Inisiatif Kampanye Conscious Consumption di kawasan Gunawarman, Jakarta, pada Kamis (24/8/2023).

"Terus apakah dia berdampak baik untuk masyarakat atau community ya. Seperti dari UMKM atau perusahaan gitu, aku akan pilih yang UMKM," tambahnya.

Pelantun lagu "Pulang" itu juga mempertimbangkan dampak pada lingkungan saat membeli barang. Terlebih ketika ingin membeli pakaian.

"Yang ketiga apakah dia memiliki dampak baik ke lingkungan. Kalau iya, maka aku lebih pilih itu. Baju essential sekali buat aku ya. Pikirin dulu kalau mau beli baju, karena limbah tekstil dampaknya tinggi banget di dunia ya," jelasnya.

Lebih lanjut, Andien mengatakan bahwa prinsip ini sudah diterapkan dirinya dan keluarga sejak lama. Ia dan suami sudah saling mengerti sehingga akan bijak dalam membeli barang apa pun itu.

"Ini sudah diterapkan sejak lama ya di keluargaku, aku dan suamiku sudah jalani ini tanpa bertanya satu sama lain. Yang dilakukan di rumah memakai produk yang ramah lingkungan, yang memiliki dampak baik sama kesehatan kita ya. Jadi kalau mau beli baju aku dan keluarga pikirin dulu," pungkas Andien Aisyah.

Rekomendasi