Penasaran Mengapa Anjing Suka Mengendus Selangkangan? Ini Dia Alasannya

| 04 Sep 2023 08:15
Penasaran Mengapa Anjing Suka Mengendus Selangkangan? Ini Dia Alasannya
Ilustrasi anjing mengendus selangkangan (pixabay)

ERA.id - Jika Anda hidup di sekitar anjing, Anda mungkin sering melihat perilaku anjing mengendus selangkangan manusia. Jika Anda tidak takut, mungkin Anda akan merasa malu jika hal ini dilakukan di muka umum. Namun, mengapa anjing suka mengendus selangkangan?

Sebelum membahas lebih jauh, kita perlu ingat bahwa anjing punya sikap yang berbeda dengan manusia, terutama dalam hal mencium atau membaui. Penciuman jadi bagian yang sangat penting bagi anjing.

Para anjing bisa melihat dan mendengar, tetapi penggalian gambaran atau informasi juga perlu dilakukan dengan penciuman. Anda mungkin pernah melihat anjing saling mengendus pantat satu sama lain saat bertemu di suatu tempat. Inilah pencarian informasi yang dilakukan oleh anjing.

Hal tersebut bukan sesuatu yang aneh. Dikutip Era.id dari AZ Animals, anjing punya kekuatan penciuman 10.000 lebih baik dibandingkan manusia. Manusia punya 6 juta reseptor aroma, sedangkan para anjing punya 300 juta reseptor. Selain itu, anjing punya organ bernama jacobson yang terletak di antara hidung dan mulut. Ini adalah peralatan penciuman tambahan yang dapat mendeteksi pesan kimiawi (feromon) yang memberikan banyak informasi soal anjing lain, manusia, dan hewan lain.

Ilustrasi hidung anjing (pixabay)

Alasan Anjing Suka Mengendus Selangkangan

·         Mencari informasi

Layaknya manusia yang mencari tahu soal orang yang kita sayangi, anjing juga melakukannya dengan penciumannya. Zat kimia yang dikeluarkan tubuh bisa memberikan berbagai informasi soal diri kita dan keadaan kita kepada anjing.

Beberapa hal dari manusia yang bisa diketahui oleh anjing melalui pengendusan adalah apakah pernah bertemu, usia, jenis kelamin, dan suasana hati. Ini menjadi bagian yang penting bagi anjing karena berkaitan dengan pola perilaku dan sikap. Seekor anjing bisa mengenali pemiliknya dari aroma yang dikeluarkan oleh tubuh. Lalu kenapa bagian selangkangan yang dipilij?

·         Selangkangan punya banyak informasi

Anjing kerap mencari tahu berbagai jenis bau, tetapi sinyal yang dikeluarkan oleh kelenjar apokrin menjadi sinyal yang paling menarik perhatian anjing. Apokrin sejenis kelenjar keringat.

Apokrin terdapat pada bagian tubuh manusia paling berambut dan mengeluarkan semacam keringat yang berbau karena mengandung banyak protein. Anjing bisa mendapatkan informasi dari manusia soal suasana hati, jenis kelamin, kepribadian, dan usia dengan mengendus kelenjar di selangkangan manusia.

Sebenarnya, konsentrasi aroma apokrin tertinggi tidak hanya ada di selangkangan, tetapi juga ketiak. Namun, anjing tak mampu mengendus ketiak yang tinggi. Selain itu, manusia kadang menyamarkan aroma di ketiak dengan deodoran.

·         Bentuk sapaan

Terkadang, anjing saling mengendus pantas anjing yang ditemuinya sebagai bentuk sapaan atau salam. Hal tersebut juga dilakukan terhadap manusia. Anda mungkin merasa hal tersebut bukanlah tindakan yang sopan, tetapi begitulah cara anjing menyapa Anda.

·         Mendeteksi feromon

Kelenjar apokrin di selangkangan manusia menghasilkan feromon. Feromon merupakan pembawa pesan kimiawi yang bisa mengubah perilaku hewan lain. Kita bukan hewan, tetapi kita juga menghasilkan zat semacam feromon. Berdasarkan feromon tersebut, anjing bisa mendapatkan informasi soal diri kita.

Itulah informasi soal alasan anjing suka mengendus selangkangan, baik milik kita maupun anjing lain. Meski terkesan aneh bagi kita, itulah cara yang digunakan oleh anjing untuk mengumpulkan informasi. 

Rekomendasi