Kisah Fu Zai, Anjing Corgi yang Jadi Polisi Pertama di China

| 29 Mar 2024 17:40
Kisah Fu Zai, Anjing Corgi yang Jadi Polisi Pertama di China
Fu Zai anjing corgi polisi (China Daily)

ERA.id - Seekor anjing jenis corgi, Fu Zai, debut sebagai polisi anjing corgi pertama di China. Fu Zai melakukan debutnya pada hari pembukaan kamp polisi di Weifang, provinsi Shandong.

Debutnya anjing corgi ini mematahkan stereotip orang bahwa anjing kecil berkaki pendek itu tidak bisa bergabung dengan kepolisian. Namun Fu Zai dengan kaki pendeknya viral di media sosial berkat senyum ikoniknya.

Bukan hanya itu saja, Fu Zai juga memiliki kaki pendek yang khas dan kemampuan mencari alat peledak dengan luar biasa.

Sebelum resmi bergabung menjadi polisi anjing, Fu Zai menjalani serangkaian pelatihan yang cukup berat. Anjing berusia enam bulan itu harus menjalani latihan setiap pagi dan sore, yang melibatkan berbagai mata pelajaran, seperti latihan kepatuhan, pencarian bom, teknik mengendus, dan sebagainya.

“Kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan yang kuat, ketidakpekaan, keinginannya untuk memiliki barang, dan kesukaannya terhadap makanan sangat mendukung pelatihan kami,” kata Wang Yanan, kepala markas anjing polisi di biro keamanan publik Weifang, dikutip China Daily, Jumat (29/3/2024).

Setelah menjalani pelatihan selama empat bulan, Fu Zai akhirnya bisa menggunakan kaki pendeknya untuk langsung menyelidiki bagian bawah mobol dan dengan mudah masuk dan mencari ruang sempit. Ia juga meningtakan interaksi antara anjing polisi dan masyarakat karena dikenal sebagai anjing yang ramah.

“Anjing polisi tidak hanya lucu, tetapi para pelatih telah melakukan banyak upaya dan upaya untuk melatih mereka,” kata Wang.

Fu Zai saat ini menjadi anjing polisi cadangan dan masih harus menjalani masa pelatihan lebih lanjut untuk beradaptasi dengan lingkungan yang kompleks sebelum resmi diangkat dan diberi tugas.

Rekomendasi