Inilah Strategi Digital Marketing yang Ampuh untuk Bisnis

| 28 Aug 2023 11:49
Inilah Strategi Digital Marketing yang Ampuh untuk Bisnis
Ilustrasi (Pexels)

ERA.id - Pengguna internet terus meningkat setiap tahunnya, tidak heran jika banyak orang kini mengandalkan internet untuk mencari informasi.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini informasi dan tutorial teknologi begitu mudah untuk didapatkan melalui internet.

Disamping itu, informasi bisnis dan pendidikan juga dapat diketahui dengan mudah.

Misalnya seperti tips-tips dalam membangun bisnis yang banyak orang bisa browsing di internet.

Membahas mengenai bisnis, salah satu penerapan teknologi digital yang kini marak digunakan dalam bisnis adalah digital marketing.

Dalam sebuah bisnis, penerapan digital marketing sangat berpengaruh terhadap bisnis di era digital sekarang ini.

Dalam pengertiannya, digital marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang memanfaatkan internet dan media digital. Lantas, apa sajakah strategi digital marketing yang ampuh untuk bisnis? Simak penjelasannya berikut :

1. Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang dapat dikatakan paling banyak digunakan oleh pemilik bisnis. Strategi content marketing yang dilakukan dengan merencanakan dan membuat serta membagikan konten tentang perusahaan atau bisnis.

Konten tersebut bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dengan menarik pembaca kemudian memotivasi mereka agar membeli produk. Beberapa contoh konten yang bisa dibuat diantaranya adalah dalam bentuk unggahan di media sosial, artikel, blog, brosur online dan masih banyak lagi.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu upaya untuk mengoptimasi sebuah website agar dapat menempati peringkat teratas di mesin pencari. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan memahami terlebih dahulu bagaimana sistem mesin pencari bekerja.

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan strategi digital marketing yang sedang tren saat ini.

Strategi ini dilakukan dengan membuat kesepakatan komisi kepada mitra atau orang lain yang bertujuan agar membeli produk.

Nantinya, mitra atau orang yang tergabung dengan kesepakatan ini akan menerima komisi jika berhasil memperoleh pembeli melalui link yang disebarkan.

4. Native Advertising

Strategi pemasaran yang juga sering digunakan adalah native advertising. Dalam penggunaannya, native advertising berbentuk konten berbayar yang memiliki tampilan mirip dengan konten media dan penempatannya.

Contoh native advertising adalah seperti Promoted Post yang ada di Instagram dan Facebook.

5. Sosial Media Marketing

Pengguna media sosial yang terus meningkat membuat strategi marketing dengan menggunakan media sosial banyak dimanfaatkan. Sosial media marketing adalah upaya mempromosikan brand atau konten melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook dan masih banyak lagi.

Dari semua strategi marketing diatas, Anda dapat memilih mahal atau tidaknya digital marketing dengan mempertimbangkan jenis yang akan digunakan untuk bisnis.

Karena setiap jenis digital marketing memiliki pengeluaran biaya yang berbeda-beda, misalnya seperti SEO yang tidak membutuhkan banyak anggaran berbanding terbalik dengan brosur online yang memerlukan biaya-biaya tertentu.

Demikianlah tadi beberapa informasi seputar strategi digital marketing yang ampuh untuk bisnis. Semoga bermanfaat.

Tags : internet
Rekomendasi