Mengenal Istilah Pinpri yang Sempat Viral di Twitter, Hati-Hati!

| 31 Aug 2023 21:05
Mengenal Istilah Pinpri yang Sempat Viral di Twitter, Hati-Hati!
Ilustrasi pinpri (Pixabay)

ERA.id - Saat ini tengah viral di Twitter/X istilah pinpri yang berhubungan dengan uang dan pinjam-meminjam. Bagi yang belum mengenal istilah pinpri, simak penjelasannya di bawah ini.

Bagi Anda yang belum memahami atau bahkan belum pernah mendengar tentunya juga akan bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan pinpri.

Mengenal Istilah Pinpri

Pinpri merupakan singkatan dari pinjaman pribadi, dalam pengertian lain, seseorang menawarkan pinjaman uang kepada orang lain.

Seseorang tersebut memberikan penawaran pinjaman uang dari individu ke individu, bukan individu ke lembaga pinjaman ataupun aplikasi pinjaman online.

Misalnya, Anda meminjam uang dari teman atau keluarga, tetapi bedanya dalam hal ini meminjam dari orang yang menawarkan jasa tersebut. Pinpri merupakan istilah viral yang digunakan di Twitter/X untuk menawarkan jasa peminjaman uang pribadi dari pribadi lain.

Ilustrasi (Pixabay)

Dari pengertian sekilas, gambaran meminjam uang dari orang lain ini seperti halnya ketika Anda meminjam uang dari teman atau keluarga dan selanjutnya bisa dikembalikan sesuai dengan perjanjian jatuh tempo.

Namun, ternyata cara kerja atau sistem pinpri yang viral di media sosial tidaklah sesederhana itu.

Meskipun Anda meminjam dari perseorangan, bukan lembaga atau aplikasi pinjaman online, tetapi ada syarat yang wajib dipenuhi dan biaya yang harus segera dibayarkan.

Contohnya, jika Anda meminjam uang senilai Rp500 ribu, maka biayanya sebesar Rp75 ribu, jika meminjam Rp1 juta, maka biaya yang dikenakan sebesar Rp110 ribu, dan seterusnya.

Biaya ini tergantung ketentuan/perjanjian dari orang yang menawarkan pinpri,  Oleh karena itu, jangan kira pinjaman pribadi ini gratis tanpa ada biaya tambahan.

Mereka yang menawarkan pinpri di Twitter/X menentukan biaya alias fee tiap nominal yang diajukan oleh peminjam.

Syarat Pinpri yang Harus Diwaspadai

Selain itu, Anda juga harus mewaspadai syarat pinpri yang diajukan, karena ada juga yang meminta data pribadi, seperti nomor rekening dan nomor telepon.

Mereka meminta Anda menyerahkan data dan informasi pribadi para peminjam, bahkan data-data yang sifatnya sangat rahasia, sehingga tidak seharusnya disebarkan dengan mudah.

Adapun data pribadi yang akan diminta antara lain:

  • Kartu identitas
  • Kartu keluarga
  • Surat jaminan pinjaman
  • Biaya jaminan pinjaman
  • Slip gaji/mutasi rekening/ID Card
  • Nomor darurat 3
  • Media sosial pribadi
  • Share live location

Data-data pribadi tersebut tidak seharusnya Anda berikan kepada sembarang orang, apalagi orang yang belum dikenal hanya untuk meminjamkan uang.

Sebab, sempat viral juga di media sosial ada pemberi pinpri yang menyebarluaskan data pribadi peminjam ketika mereka tidak mampu membayar saat jatuh tempo.

Data-data seperti nama, nomor telepon, nomor KTP, hingga rekening disebar ke publik dan mampu diakses oleh orang umumnya.

Tentunya hal ini sangat berisiko, sebab data tersebut dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pinpri yang meminta data pribadi Anda.

Setelah mengenal apa itu pinpri dan hal-hal yang harus diwaspadai, Anda diharapkan bisa menentukan keputusan dengan bijak agar tidak terjadi hal-hal yang buruk. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : Pinpri pinjol tips
Rekomendasi