Rekomendasi Pompa ASI Terbaik Pilihan Ibu Indonesia

| 20 Sep 2023 16:42
Rekomendasi Pompa ASI Terbaik Pilihan Ibu Indonesia
Ilustrasi (Dok Istimewa)

ERA.id - Pompa ASI menjadi salah satu perlengkapan menyusui yang penting untuk dimiliki ibu agar proses menyusui tetap lancar, terlebih bagi ibu yang bekerja atau sering bepergian.

Mengingat di Indonesia pada  2022 lalu, jumlah perempuan pekerja pada 2022 mencapai 52,74 juta pekerja di Indonesia. Jumlah pekerja perempuan itu setara dengan 38,98% dari total pekerja yang ada di Indonesia, menurut data dari Data Badan Pusat Statistik (BPS).

Ibu yang bekerja dan tidak bisa berada dekat dengan si kecil kerap kali menggunakan pompa ASI sebagai alat bantu untuk tetap memberikan ASI untuk sang buah hati.

Tidak hanya itu, pompa ASI juga dapat membantu ibu dalam kondisi khusus, seperti memiliki kendala medis dan hal lain yang membuatnya tidak dapat menyusui si kecil secara langsung.

Jarak waktu pompa ASI yang baik untuk memompa ASI yaitu 2 sampai 3 jam sekali. Ibu setidaknya perlu memompa 8-12 kali dalam 24 jam termasuk di tengah malam, menurut American Pregnancy Association.

Disamping itu, pompa ASI juga perlu disterilkan dengan membongkar alat-alat pompa satu persatu dan mencucinya setiap kali akan digunakan dengan sabun dan air panas.

Dalam memompa ASI seorang ibu harus konsisten supaya payudara tidak bengkak. Selain itu, apabila terlalu sering melewati waktu memompa ASI dapat mengurangi produksi ASI.

Di pasaran, terdapat dua jenis pompa ASI yakni manual dan elektrik yang dijual dengan berbagai merek. Kedua jenis pompa ini sebenarnya sama-sama menjadi alat untuk mempermudah proses memerah ASI.

Namun, setiap alat memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Salah satu rekomendasi produk pompa ASI terbaik pilihan ibu Indonesia adalah pompa ASI dari Spectra.

Tags : ASI ibu menyusui
Rekomendasi