6 ASI Booster Alami yang Perlu Dikonsumsi Busui agar Lancar Menyusui

| 12 May 2023 08:25
6 ASI Booster Alami yang Perlu Dikonsumsi Busui agar Lancar Menyusui
Ilustrasi ibu menyusui (Freepik)

ERA.id - Setiap ibu yang sedang menyusui pastinya ingin dapat menghasilkan ASI melimpah bagi si bayi. Namun terkadang busui mengalami masalah produksi air susu yang hanya sedikit sehingga tak cukup untuk si bayi. Apabila mengalaminya, Anda bisa mengatasi dengan ASI booster alami. 

Biasanya masalah produksi ASI disebabkan oleh beberapa faktor, seperti mastitis atau infeksi jaringan payudara, efek samping obat, hingga kurangnya intensitas menyusui. Namun tenang, masalah tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi ASI booster. Ada berbagai pilihan ASI booster alami untuk memperlancar produksi ASI. 

Ilustrasi ibu menyusui (Pixabay)

Rekomendasi ASI Booster Alami

Pemberian ASI merupakan berperan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Oleh karena itu, setiap ibu yang baru melahirkan harus memiliki ASI yang cukup untuk menyusui bayinya. Untuk memperlancar produksi ASI, busui dapat mengonsumsi ASI booster alami berikut ini. 

Brokoli

Salah satu makanan alami yang dapat menjadi ASI booster bagi ibu menyusui adalah brokoli. Sayuran yang satu ini memang terkenal sebagai makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Brokoli mengandung fitoestrogen yang dapat meningkatkan produksi ASI. 

Bayam 

Sayuran lainnya yang bisa dikonsumsi busui karena dapat menjadi ASI booster adalah bayam. Sayuran hijau ini kaya akan kandungan kalsium, zat besi, asam folat, dan vitamin. Sama seperti brokoli, bayam juga mengandung fitoestrogen yang tinggi sehingga berperan meningkatkan produksi ASI. 

Daun Katuk

Daun katuk memang sudah terkenal secara turun-temurun sebagai ASI booster. Sebuah penelitian yang dilakukan di Yogyakarta menunjukkan hasil daun katuk dalam meningkatkan produksi ASI. Jadi busui diberikan ekstrak daun katuk dengan dosis 3x300 mg selama 15 hari, dan hasilnya produksi ASI meningkat 50% pada 2-3 hari. 

Almond

ASI booster alami lainnya yang perlu dikonsumsi ibu menyusui adalah kacang-kacangan. Salah satunya adalah kacang almond yang memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi. Selain itu, dalam almond juga terdapat lemak dan antioksidan yang baik untuk kesehatan busui. 

Wortel

Wortel tidak hanya baik bagi kesehatan mata, namun juga dapat menjadi ASI booster alami bagi busui. Sayuran ini mengandung zat laktogogue yang diyakini dapat merangsang dan meningkatkan produksi ASI. Selain itu, dalam wortel juga terdapat kandungan fitoestrogen sama seperti bayam dan brokoli. 

Pepaya

Buah pepaya juga dapat menjadi ASI booster bagi ibu yang sedang menyusui. Selain bermanfaat baik bagi pencernaan, ternyata buah ini juga dapat melancarkan produksi ASI. Pepaya memiliki kandungan zat lactogogue yang dapat merangsang produksi ASI. 

Demikianlah rekomendasi ASI booster alami yang perlu dikonsumsi ibu menyusui untuk melancarkan dan meningkatkan produksi ASI. Apabila Anda mengalami masalah dalam produksi ASI, maka Anda dapat memilih makanan-makanan di atas untuk mengatasinya. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi