Plus-Minus Tinggal di Apartemen yang Harus Dipertimbangkan, Apa Saja?

| 03 Oct 2023 23:06
Plus-Minus Tinggal di Apartemen yang Harus Dipertimbangkan, Apa Saja?
Kawasan salah satu apartemen di Jakarta Pusat/ Foto: BEP

ERA.id - Apartemen menjadi jenis hunian yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya bagi penduduk kota besar. Jenis hunian ini menawarkan beragam keunggulan yang menjadikannya lebih nyaman ditempati jika dibandingkan jenis hunian yang lain. Namun, bagi Anda yang berminat, tentunya harus mengetahui plus minus tinggal di apartemen. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini.

Plus Minus Tinggal di Apartemen

Hunian apartemen di Jakarta. (Foto: Antara)

Kelebihan Tinggal di Apartemen

  • Memiliki fasilitas lengkap

Biasanya apartemen juga dilengkapi dengan beragam fasilitas yang sangat memanjakan penghuninya. Melansir Pinhome, beberapa fasilitas yang biasanya ditemukan di apartemen meliputi pusat perbelanjaan, pusat kebugaran, lapangan bermain, hingga akses langsung ke mall tertentu.

  • Privasi dan keamanan lebih terjamin

Apartemen tentu dilengkapi dengan penjagaannya yang cukup ketat selama 24 jam, sehingga keamanan penghuninya akan lebih terjamin. Selain itu, apartemen akan cocok bagi Anda yang kurang suka bersosialisasi karena penghuninya jarang melakukan interaksi, sehingga privasi antarpenghuni apartemen dapat terjaga.

  • Memiliki lokasi yang strategis

Mengutip Impressive Interior Design, salah satu alasan penting bagi masyarakat perkotaan memilih apartemen yaitu karena memiliki lokasi yang cenderung strategis. Pada umumnya, apartemen berlokasi di dekat pusat kota, pusat transportasi umum, dan juga area perkantoran, sehingga menjadi lokasi ideal bagi mereka yang hendak mencapai tempat-tempat tertentu dengan waktu yang efisien.

  • Cocok bagi yang senang dengan konsep minimalis

Bagi Anda yang senang dengan konsep rumah minimalis, apartemen dapat menjadi pilhan yang tepat. Apartemen memiliki luas yang terbatas sehingga akan “memaksa” Anda untuk membeli dan memiliki barang secukupnya. Hal ini tentunya cocok dengan prinsip minimalisme yang lebih mengutamakan penampilan rumah yang sederhana dan tidak berlebihan.

Kekurangan Tinggal di Apartemen

  • Tidak memiliki lahan

Salah satu kekurangan yang dapat membuat orang ragu untuk tinggal di apartemen yaitu keterbatasan lahan. Karena penghuninya tinggal di hunian vertikal, keberadaan lahan tentu mustahil dimiliki. Dengan demikian, apartemen cenderung kurang cocok bagi Anda yang lebih suka dengan jenis rumah berlahan luas.

  • Penghuninya bersifat individualis

Keterjagaan privasi yang didapatkan dari kehidupan apartemen memang menguntungkan. Namun, hal ini dapat membuat seseorang kurang mengenal tetangga, dan akan terasa kurang nyaman bagi Anda yang gemar bersosialisasi dengan orang lain.

  • Luas yang terbatas

Selain nyaris tidak ada lahan, luas ruangan yang terbatas menjadi salah satu kekurangan apartemen yang harus Anda perhatikan. Misalnya, apartemen tipe 2 bedroom umumnya mempunyai luas ruangan sekitar 40 meter persegi. Karena tidak ada lahan, apartemen dapat terasa lebih sempit dan pergerakan Anda dapat terbatas.

  • Harga dan biaya-biaya yang mahal

Jika dibandingkan dengan jenis hunian yang lain, harga beli dan sewa apartemen memang cenderung lebih mahal. Apalagi ada biaya-biaya lainnya yang harus dibayarkan, contohnya biaya perawatan fasilitas apartemen dan biaya utilitas (listrik, air, dan lain-lain).

  • Peraturan lebih ketat 

Karena dilengkapi dengan penjagaan yang ketat, peraturan di dalam apartemen tentu juga penuh dengan aturan yang ketat. Sebagai contoh, Anda tidak dapat memasang paku sembarangan, memasukkan barang-barang besar, hingga dilarang memelihara hewan seperti anjing dan kucing. Dengan demikian, apartemen kurang cocok bagi Anda yang lebih suka berjiwa bebas dari aturan yang mengekang.

Demikianlah ulasan tentang plus minus tinggal di apartemen yang bisa kita lihat. Sebelum menentukan keputusan final, tentunya Anda sudah mempertimbangkan berbagai aspek untuk keamanan dan kenyamanan hidup Anda di masa yang akan datang.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : apartemen tips
Rekomendasi