Tegas Larang Naff Bawakan Lagu-lagu Ciptaannya, Eks Vokalis: Selama 13 Tahun Tidak Menggubris Saya

| 14 Oct 2023 15:34
Tegas Larang Naff Bawakan Lagu-lagu Ciptaannya, Eks Vokalis: Selama 13 Tahun Tidak Menggubris Saya
Ady eks vokalis NAFF (Foto: Instagram/@ady_287)

ERA.id - Mantan vokalis NAFF, Rusyaedi Makmun atau Ady secara tegas melarang mantan bandnya membawakan lagu-lagu ciptaannya. Ady juga merasa geram karena selama 13 tahun tidak pernah digubris oleh NAFF .

Larangan ini dikeluarkan oleh Ady mulai Jumat, 29 September 2023 sampai seterusnya. Ady melarang keras beberapa lagu ciptaannya dinyanyikan oleh NAFF.

"PERNYATAAN TERBUKA. Selama 13 tahun ADY ex-NAF tidak pernah menggubris mantan band nya, yang selalu membawakan lagu-lagu ciptaannya, TANPA IZIN," tulisnya di Instagram, dibagikan ulang di akun Instagram @lambe_turah.

"Per hari ini, Jumat 29 September 2023 sampai seterusnya, ADY pelantun sekaligus pencipta lagu-lagu hits "Terendap Laraku, Akhirnya Ku Menemukanmu, Kau Masih Kekasihku"," katanya.

Ady melarang lagu-lagu ciptaannya dibawakan sampai waktu yang tidak ditentukan. Hal ini karena Ady merasa masih memiliki kuasa penuh atas karyanya.

"MELARANG KERAS, NAFF @naffmusik membawakan lagu-lagu ciptaan ADY dengan alasan apapun, karena ADY memiliki kuasa penuh terhadap lagu-lagu ciptaannya. 'Berkarya dan Hiduplah Dengan karyamu'," lanjutnya.

Tak hanya itu, Ady juga membuat video pernyataan bahwa dirinya melarang NAFF membawakan lagu hasil ciptaannya saat berada di atas panggung.

"Untuk diketahui seluruh pencinta musik Indonesia, teman-teman EO, manajemen Naff, dan khususnya personel Naff, hari Jumat ini tanggal 29 September 2023 dan sampai kapan pun, saya menyatakan bahwa saya tidak mengizinkan Naff untuk membawakan semua lagu-lagu saya, karya cipta saya," jelas Ady.

Ady menjelaskan tujuan membuat surat terbuka supaya para personel NAFF saling menghargai karya orang lain, termasuk dirinya. Apalagi, Ady sudah tidak lagi menjadi personel band NAFF.

"Tujuan saya membuat pernyataan terbuka ini adalah agar kita bisa sama-sama saling menghargai dan beretika terhadap karya-karya cipta orang lain," bebernya.

Video itu menampilkan pernyataan resmi tertulisnya bersama kuasa hukum, TKNP Law Firm yang melarang NAFF membawakan lagu ciptaannya. Dari daftar lagu ciptaan itu, terdapat 67 lagu ciptannya untuk NAFF.

Sembilan lagu hit adalah "A.N.G", "Kau Masih Kekasihku", "Ketika Semuanya Harus Berakhir", hingga "Bila Nanti Kau Milikku". Ia merasa gerah karena NAFF masih menyanyikan lagu ciptaannya tanpa izin.

"Terhitung sejak lagu-lagu itu diciptakan, Ady tidak pernah mengalihkan, menyerahkan, menghibahkan dan/atau menjual hak atas lagu-lagu ciptaannya kepada masing-masing anggota dan/atau kepada Naff," bunyi keterangan tertulis Ady.

"Selama kurun waktu 13 tahun sejak Ady keluar dari Naff hingga saat ini, Naff masih membawakan lagu-lagu ciptaan Ady secara komersil tanpa meminta izin kepada Ady dan Ady tidak mendapatkan manfaat ekonomi baik secara langsung maupun melalui lembaga manajemen kolektif atas penggunaan secara komersil lagu-lagu ciptaannya oleh Naff," tambahnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka mengatakan band NAFF menjadi redup pasca Ady keluar dan tidak lagi menjadi vokalis.

"NAFF itu Ady dan Ady itu juga NAFF. Semenjak Ady hengkang, jujur aku nggak tahu lagunya dengan vokalis yang baru," komentar akun @embu****.

"Tapi kalau boleh jujur, band NAFF itu enak-enak lagunya pas mas Ady yang jadi vokalisnya," tulis akun @indra_****.

"NAFF zaman Ady emang tenar, sekarang redup seperti hilang jiwanya," kata akun @rigakha****.

Rekomendasi