Bukan Masalah Pribadi, Ini Alasan Ahmad Dhani Larang Once Nyanyi Lagu Dewa 19

| 30 Mar 2023 14:25
Bukan Masalah Pribadi, Ini Alasan Ahmad Dhani Larang Once Nyanyi Lagu Dewa 19
Ahmad Dhani (Instagram @ahamddhaniofficial)

ERA.id - Baru-baru ini musisi kondang Ahmad Dhani menyatakan larangan untuk Once. Dengan tegas Dhani melarang Once menyanyikan lagu-lagu Dewa 19.

"Saya mengumumkan bahwa saya melarang spesifik, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 sejak saya ucapkan di media hari ini," sebut Ahmad Dhani di Pluit dan diunggah ke YouTube pada Selasa 28 Maret.

Tidak hanya sembarang lagu, tapi Dhani memberikan larangan kepada Once agar tidak membawakan lagu-lagu yang ia ciptakan untuk Dewa 19.

Once Boleh Bawakan Lagu Dhani yang Lain

Sementara itu, Dhani tetap memberi izin kepada Once untuk membawakan lagu-lagunya dari solois dan bandnya yang lain.

"Lagu-lagu Ahmad Dhani yang lain boleh, (larangan) khusus lagu Dewa aja. Lagu-lagu saya yang ada di T.R.I.A.D., lagu saya di Ahmad Band, di Reza Artamevia boleh. Spesifik di Dewa aja (yang enggak boleh)," kata Ahmad Dhani.

"Jadi, ingat ya. Once tidak boleh membawakan lagu-lagu Dewa 19. Kalau nyanyi lagu saya yang lain, boleh," lanjutnya dengan tegas.

Once Mekel (Foto: ist)

Larangan ini mulai ditetapkan sejak hari Selasa 28 Maret karena setelah Lebaran 2023, Dewa 19 akan mengadakan tur konser.

"(Masa berlaku larangan) Sampai saya umumin lagi nanti, karena konsernya sampai Desember ini full, setiap weekend dua kali," jelas Ahmad Dhani.

Konser tur tersebut pula yang menjadi alasan Ahmad Dhani menyatakan larangan kepada Once untuk membawakan lagu-lagu konser Dewa 19. Ia tidak ingin ada orang lain yang mengganggu jalannya tur tersebut.

"Karena Dewa saat ini sedang melakukan tur, setelah lebaran itu setiap minggu dua kali. Tur bersama Dewa 19. Jadi tidak boleh ada konser-konser lain yang mengganggu yang menggunakan lagu-lagu Dewa," ujar musisi berusia 50 tahun itu.

"Saya menjaga muruah Dewa, juga menjaga kemurnian dari konser-konser Dewa yang kami adakan setelah lebaran seminggu dua kali," tambahnya.

Royalti Lagu Dewa 19 Jadi Tugas Penyelenggara Acara

Pernyataan tersebut hadir sekitar satu bulan di tengah ramainya pemberitaan larangan membawakan lagu Dewa 19 oleh Once dan royalti yang harus dibayarkan.

Saat itu, Dhani menjelaskan masalah royalti dan izin membawakan lagu Dewa 19 adalah tugas dan ranah penyelenggara acara, bukan Once. Dengan demikian, penggawa Dewa 19 itu menyatakan sama sekali tidak mempunyai masalah dengan Once mengenai izin menyanyikan lagu ciptaan Ahmad Dhani.

Ia juga menegaskan kewajiban pembayaran royalti bukanlah tanggung jawab solois tersebut. Hal itu diungkapkan setelah Dhani mengetahui Once tengah mencari jalan tengah mengenai pembayaran royalti membawakan lagu Dewa 19.

Hal tersebut kini kembali ditegaskan oleh Ahmad Dhani. Ia mengaku sama sekali tidak memiliki masalah dengan Once, vokalis Dewa dalam periode awal 2000an sampai awal 2011.

"Ya saya enggak ada masalah sama Once. Sejak awal saya bilang yang harus bayar itu bukan Once, tapi EO," Ahmad Dhani menegaskan terkait relasinya dengan Once.

Demikianlah alasan ahmad dhani larang once nyanyi lagu dewa, yang pada dasarnya permasalahan bukanlah terletak antara Dhani dengan Once, melainkan dengan EO atau penyelenggara.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi