Kasus Jessica Wongso Tuai Sorotan, Hotman Paris Kirim Surat Terbuka untuk Presiden

| 15 Oct 2023 11:46
Kasus Jessica Wongso Tuai Sorotan, Hotman Paris Kirim Surat Terbuka untuk Presiden
Hotman Paris (Instagram)

ERA.id -

Hotman Paris Hutepea merupakan salah satu pengacara yang ikut buka suara mengenai kasus pembunuhan Mirna Salihin oleh Jessica Wongso yang belakangan menuai sorotan. Melihat kasus tersebut menuai banyak atensi publik, Hotman Paris pun  mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo.

Pengacara kondang itu meminta Presiden Joko Widodo dan Kemenkumham perlu mengkaji ulang proses hukum yang berlaku di Indonesia. Ia meminta presiden dan jajarannya memberikan perhatian pada kasus Jessica Wongso ini.

"Halo bapak Jokowi Presiden RI, halo bapak Menteri Hukum dan HAM, sudah meluas perdebatan tentang kasus kopi sianida Jessica Wongso. Bapak-bapak sebagai pemimpin harus segera memberi perhatian," tutur Hotman Paris Hutapea di video Instagramnya, pada Sabtu (15/10/2023).

Menurut Hotman Paris, kasus Jessica Wongso ini bisa dijadikan pelajaran sehingga ada tindakan yang bisa dilakukan jika kasus yang sama terulang lagi. Ia pun menyarankan untuk segera membentuk tim untuk mengkaji kasus demikian.

Hotman Paris juga menegaskan bahwa ia berbicara hal tersebut bukan untuk membantu kebebasan Jessica Wongso yang saat ini sedang dipenjara. Ia berjuang untuk proses hukum di Indonesia menerapkan peraturan yang sudah berlaku dan bersikap adil.

"Kenapa Hotman selalu up masalah Jessica, tujuan utama bukan untuk membantu Jessica. Terutama akhir-akhir ini saya melihat banyak korban karena tidak diterapkan minimum dua alat bukti Pasal 183 KUHP. Saya berjuang untuk menerapkan hukum secara konsekuen," pungkas Hotman Paris.

Rekomendasi