Dennis Adishwara Ungkap Nongkrong Penting untuk Ciptakan Kolaborasi Demi Majukan Industri Ekonomi Kreatif

| 27 Oct 2023 08:10
Dennis Adishwara Ungkap Nongkrong Penting untuk Ciptakan Kolaborasi Demi Majukan Industri Ekonomi Kreatif
Dennis Adishwara saat konferensi pers ACE YS (dok. Ace YS)

ERA.id - Aktor Dennis Adishwara mejadi salah satu narasumber untuk acara The Asian Creative & Digital Economy Youth Summit (ACE YS), yang akan diadakan di TMII, Jakarta, pada 27 dan 28 Oktober 2023. Jelang acara, Dennis berbicara tentang pentingnya kolaborasi para pelaku usaha untuk memajukan industri ekonomi kreatif di Indonesia.

Bintang film Milly & Mamet itu mengatakan bahwa industri ekonomi kreatif di Indonesia dari berbagai sektor sangat banyak dan berkualitas. Namun, para pelaku industri ini memang jarang duduk bersama sehingga kolaborasi yang bisa dilakukan tak bisa terlaksana dengan baik.

"Semua industri kreatif di Indonesia itu sebenarnya padat karya. Lintas kreatifnya juga banyak. "Tapi masalahnya memang ya lintas industri kreatif kita ini memang jarang ngumpul dan nongkrong," ujar Dennis Adishwara saat konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (25/10/2023).

Menurut Dennis dengan nongkrong peluang untuk terciptanya kolaborasi bagi pelaku usaha dari sektor berbeda lebih tinggi. Ia pun berbicara tentang kolaborasi industri kreatif yang terjadi di sebuah produksi film.

"Kalau nongkrong, mungkin kita bisa saling mengetahui dan mengenal kelemahan dan kelebihan satu sama lain. Sehingga kita bisa memutuskan untuk membuat sesuatu bersama," tuturnya.

"Seperti kita ngomongin film deh ya. Dari satu film saja seluruh pemainnya pakai baju, itu ada kontribusi para pelaku kreatif fashion. Terus ada adegan di set atau tempat, masuk industri arsitektur, bahkan soundtrack pun kita butuh musisi," tambahnya.

Dengan itu, Dennis Adishwara mengajak para pelaku industri ekonomi kreatif untuk bisa saling terbuka dan membantu sama lain. Menurutnya acara ACE YS ini menjadi langkah baik untuk kemajuan industri ekonomi kreatif, terlebih kini banyak generasi muda yang sudah terjun.

"Untuk mencapai itu semua kita harus mengerahkan upaya yang terbaik dari yang terbaik. Sebelum kita tahu upaya terbaik itu seperti apa, ya nongkrong dulu, ngobrol dulu," pungkas Dennis Adishwara.

Acara ACE YS sendiri akan menghadirkan sederet pembicara dari dalam dan luar negeri siap membagikan pengalaman dan pandangan sebagai bagian dari komitmen bersama memajukan ekonomi kreatif di tingkat regional.

Tak hanya itu, ACE YS juga menghadirkan creative catalyst yang mengumpulkan Ratusan profesional muda ekonomi kreatif dari ASEAN, Cina, Jepang dan Korea Selatan (ASEAN+3) yang berusia antara 18-35 tahun, akan diajak untuk berkumpul, berbagi pengalaman serta memecahkan masalah dengan harapan bisa mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi kreatif.

Rekomendasi