Memahami Arti Kata Gemoy yang Sering Digunakan di Media Sosial

| 27 Oct 2023 20:05
Memahami Arti Kata Gemoy yang Sering Digunakan di Media Sosial
Ilustrasi benda yang menggemaskan (pexels)

ERA.id - Warganet Indonesia, terutama media sosial X, ramai membicarakan kata gemoy beberapa waktu lalu. Arti kata gemoy pun mengundang rasa penasaran.

Awal perbincangan istilah gemoy adalah saat salah satu calon presiden RI, Prabowo Subianto, tiba-tiba diteriaki “gemoy” oleh para kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hal itu terjadi pada Selasa (24/10/2023) saat Prabowo berpidato di acara deklarasi dukungan PSI kepada dirinya dan calon wakil presiden RI, Gibran Rakabuming Raka.

Seperti diketahui, Gibran adalah cawapres pasangan Prabowo sekaligus kakak dari Kaesang Pangarep, Ketua PSI.

"Apa? Gemoy? Apa itu gemoy?" tanya Prabowo di kepada para kader PSI.

Arti Kata Gemoy

Apa yang terjadi saat pidato Prabowo dalam deklarasi dukungan PSI lantas jadi perbincangan warganet. Istilah gemoy digunakan oleh warganet untuk membuat ungkapan yang merujuk pada pasangan calon Prabowo-Gibran. Hal ini bahkan sempat viral di media sosial X.

Jika Anda mencari makna leksikal gemoy, Anda tidak akan menemukannya dalam kamus mana pun. Gemoy adalah kata atau istilah yang lahir dari bahasa gaul anak muda saat ini, terutama dalam penggunaan di media sosial.

Gambar anak-anak kucing yang menggemaskan (pexels)

Seperti kita tahu, bahasa gaul atau slang terus mengalami perkembangan di Indonesia. Pada zaman modern ini, slang—terutama di kalangan anak muda—lebih mudah berkembang dengan banyaknya media sosial.

Lalu, apa arti gemoy? Gemoy adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang lucu dan menggemaskan. Gemoy adalah plesetan dari kata “gemas” atau “menggemaskan”.

Berdasarkan KBBI VI, “gemas” memiliki dua makna yang cukup berbeda. Pertama adalah sangat jengkel (marah) dalam hati. Makna kedua adalah Sangat suka (cinta) bercampur jengkel; jengken-jengkel cinta.

Lalu, apakah istilah gemoy digunakan untuk menggambarkan perasaan jengkel kepada sesuatu atau perasaan? Tidak, gemoy merujuk pada kata gemas bermakna cinta yang bercampur jengkel dalam pemaknaan positif. Gemoy atau menggemaskan biasanya tidak jauh dari sesuatu yang lucu dan imut.

Itulah berbagai penjelasan terkait arti kata gemoy yang kerap digunakan di media sosial. Untul mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi