Ajak Cipung Main di Lantai, Ini yang Dilakukan Gigi Agar Bonding Time Nyaman di Rumah

| 02 Nov 2023 07:52
Ajak Cipung Main di Lantai, Ini yang Dilakukan Gigi Agar Bonding Time Nyaman di Rumah
Nagita Slavina (Dok. Era.id/Vessy)

ERA.id - Di tengah padatnya aktivitas orang tua, sangat direkomendasikan untuk tetap meluangkan waktu berkualitas bersama anak demi menciptakan momen bonding yang bermakna. Salah satu caranya adalah melalui kegiatan bermain di lantai atau "floor time".

Hal itu pula yang diprioritaskan Nagita Slavina. Seorang aktris dan ibu dari dua orang anak berbagi cerita mengenai pentingnya kehadiran orang tua dan waktu bonding bersama di tengah kesibukannya untuk bermain bersama anak di rumah.

"Sebagai seorang ibu yang menjalani banyak peran, saya selalu berupaya untuk melibatkan anak-anak dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, saya selalu memastikan suasana rumah wangi dan bersih agar waktu bonding bersama anak-anak terasa lebih nyaman," ujar Gigi saat ditemui di acara talkshow Superpell Japanese Apple and Peony, belum lama ini di Jakarta.

Gigi mengaku menemukan solusi untuk menciptakan suasana rumah agar tetap bersih, wangi, dan menyenangkan bagi keluarganya. Apalagi ia sering mengajak anak-anak bermain di laintai. Jadi bersih dan wangi adalah keharusan.

"Dengan begitu, setiap momen yang dilalui bersama keluarga di lantai, menjadi momen bonding yang tak tergantikan bagi keluarga kami,” sambungnya.

Anggya Kumala selaku Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia mengatakan, “Sejalan dengan brand purpose dari Superpell untuk terus mendukung kualitas hidup keluarga Indonesia, kami ingin mendorong terciptanya momen bonding bermakna antara orang tua dan anak, salah satunya dengan aktivitas bermain di lantai. Dengan inovasi terbaru dari varian Superpell Japanese Apple and Peony serta kolaborasi Superpell dengan Toys Kingdom untuk menyediakan berbagai mainan edukatif yang dapat dimainkan anak-anak bersama orang tua diharapkan dapat menjadikan momen kumpul keluarga jadi lebih menyenangkan di lantai yang bersih dan wangi,” ungkap Anggya.

Caca Tengker selaku Psikolog Klinis mengatakan, orang tua memegang peranan penting dalam perkembangan anak sebagai mediator dan fasilitator yang mendukung anak dalam bereksplorasi dan berinteraksi, sehingga kemampuan kognitif anak dapat berkembang secara optimal.

“Hubungan emosional antara anak dan orang tua adalah fondasi penting dalam pembentukan pola pikir, kognisi, dan perkembangan emosional anak. Momen bonding yang terjalin melalui interaksi berkualitas dan stimulasi seperti teknik ‘floor time’ atau bermain di lantai. Teknik ini tidak hanya merupakan cara yang efektif untuk memberi stimulasi pada anak dengan melatih keterampilan motorik kasar dan halus, tetapi juga mampu meningkatkan kedekatan emosional antara anak dan orang tua, sekaligus memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi lingkungannya," ucap Caca.

Rekomendasi