Ras Kucing Paling Cerdas yang Cocok Dijadikan Teman Bermain

| 30 Oct 2023 07:15
Ras Kucing Paling Cerdas yang Cocok Dijadikan Teman Bermain
Bengal salah satu ras kucing paling cerdas (unsplash)

ERA.idKucing dari zaman dulu telah menjadi teman setia bagi manusia karena dikenal sebagai hewan dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Namun tahukah Anda ras kucing paling cerdas yang ada di dunia?

Artikel ini akan membahas beberapa ras kucing yang terkenal karena kecerdasan mereka, beserta beberapa penjelasan yang membuat mereka begitu istimewa dalam dunia kucing.

Ras Kucing Paling Cerdas

  1. Abyssinian

Kucing berpenampilan ramping ini memiliki tubuh yang tinggi, lincah, dan penuh kasih sayang terhadap manusia. Abyssinian sangat cerdas dan sangat peka terhadap aktivitas keluarganya.

Kucing ras ini suka berada di tempat tinggi, memantau seluruh ruangan. Dari semua jenis kucing, ras ini cepat belajar trik-trik dan akan menikmati menjalani kursus ketrampilan kucing.

Umumnya, kucing ini bukan kucing yang suka dengan pelukan tetapi suka mendapat belaian atau disisir. Mereka juga cenderung menikmati kehadiran hewan lain dan beradaptasi dengan baik di hampir semua lingkungan.

Kucing Ras Abyssinian (Unsplash)
  1. Balinese

Balinese adalah kucing versi berbulu panjang dari ras kucing Siamese. Mereka cenderung menjadi kucing yang aktif dan suka menyelidiki segala sesuatu yang dilakukan manusia.

Ras ini adalah kucing yang suka berbicara, sering mengekspresikan pendapat mereka. Pastikan kucing ini tetap aktif dengan teka-teki atau mainan pancing dan pohon kucing besar untuk panjat memanjat.

Kucing ini dapat belajar untuk mengambil, berjalan dengan tali, dan dengan cepat memahami trik-trik. Umumnya, mereka damai dengan keluarganya tetapi bisa menimbulkan masalah jika dibiarkan tidak terstimulasi untuk waktu yang terlalu lama.

  1. Bengal

Bengal mungkin paling dikenal dengan bulu eksotisnya yang menyerupai jaguar atau leopard. Ras ini berasal dari persilangan kucing rumahan dengan kucing macan Asia.

Kucing Bengal sangat cerdas, atletis, dan masih memiliki sedikit sifat liar. Mereka suka berlari, melompat, memanjat, dan bermain. Mereka memerlukan ruang yang cukup untuk berolahraga  dan suka dengan permainan teka-teki dan mainan.

Cakupan tangan kucing bengal hampir sama bagusnya dengan tangan manusia. Bahkan beberapa diantaranya dapat menyalakan dan mematikan saklar lampu, menangkap ikan peliharaan dari akuarium, dan mengambil barang-barang kecil dari laci.

  1. Burmese

Kucing burmese adalah ras yang energik dan ramah yang suka berinteraksi dengan manusia. Kucing-kucing ini cerdas, mudah beradaptasi, bermain dengan senang hati, dan dapat dilatih.

Selain duduk, berguling, dan melambaikan tangan, kucing ras ini bisa mengambil mainan kecil atau berjalan dengan tali. Dengan demikian, perjalanan dengan mobil dan kunjungan ke dokter hewan akan berjalan lancar.

Kucing ini berkembang dengan bersosialisasi dan lebih suka ditemani, termasuk dengan hewan lain. Hal tersebut karena kehadiran teman di rumah mencegah rasa kesepian dan kebosanan yang seringkali menyebabkan masalah.

  1. Cornish Rex

Kucing jenis  ini aktif dan ramah, dan beberapa orang mengatakan jika mereka cenderung seperti anjing dalam bermain, bahkan hingga usia lanjut.

Bahkan banyak dari kucing jenis ini menikmati permainan mengambil atau melakukan trik-trik seperti memainkan piano. Jari panjang kucing ini memungkinkannya membuka pintu dan lemari dengan mudah.

Makhluk yang lincah ini memiliki kemampuan luar biasa untuk melompat ke titik tertinggi di ruangan. Halyang paling unik dari Cornish Rex adalah bulunya yang bergelombang.

Selain ras kucing paling cerdas, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi