Perlukah Datang ke Pernikahan Mantan? Berikut Hal-Hal yang Menjadi Pertimbangan

| 19 Nov 2023 08:00
Perlukah Datang ke Pernikahan Mantan? Berikut Hal-Hal yang Menjadi Pertimbangan
Perlukah datang ke pernikahan mantan (unsplash)

ERA.id - Ketika undangan pernikahan dari mantan pasangan tiba, pertanyaan yang melintas di benak banyak orang adalah: apakah sebaiknya kita datang? Perlukah datang ke pernikahan mantan?

Memang, keputusan untuk hadir atau tidak dalam pernikahan mantan dapat memicu berbagai pertimbangan emosional dan sosial. Dalam artikel ini, kita akan membahas dilema tersebut melalui beberapa pertanyaan berikut:

Perlukah Datang ke Pernikahan Mantan?

Menerima undangan pernikahan dari mantan pasangan dapat menciptakan berbagai emosi yang bercampur aduk. Keputusan apakah harus hadir dalam acara tersebut atau melewatinya bisa menjadi sebuah dilema yang sulit.

Untuk itu, berikut terdapat beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda memutuskan apakah sebaiknya Anda pergi ke pernikahan mantan, atau tidak.

Apakah Anda yakin diundang dengan alasan yang tepat?

Dalam situasi ideal, mantan pasangan Anda mengundang Anda ke pernikahannya karena masih menganggap Anda sebagai teman baik dan menginginkan kehadiran Anda dalam salah satu momen terpenting dalam hidup mereka.

Tentu saja, motif seseorang tidak selalu begitu tulus. Mungkin saja mantan mengundang agar Anda merasa cemburu dan menyesal saat melihat mereka berdiri di pelaminan dengan orang lain, atau mungkin mereka belum sepenuhnya melupakan hubungan lama Anda dan ingin sekali melihat Anda sebelum melangsungkan pernikahan.

Jika Anda curiga bahwa Anda diundang karena alasan selain persahabatan yang tulus, pertimbangkan apakah hadir di pernikahan ini adalah yang terbaik untuk semua pihak. Anda tentu tidak ingin menjadi pusat perhatian yang tidak diinginkan atau menciptakan drama di antara tamu atau pihak pengantin.

Apakah Anda yakin diundang dengan alasan yang tepat (Unsplash)

Apakah Harus membawa teman atau pasangan?

Jika tidak, putuskan apakah Anda nyaman datang sendirian. Meskipun Anda dan mantan sudah berdamai dan hanya menyisakan energi positif di antara Anda berdua, mungkin masih terasa tidak nyaman untuk menyaksikan mantan kekasih melangkah di pelaminan tanpa ada orang di sisi Anda.

Jika Anda merasa cemas untuk menghadiri pernikahan mantan sendirian, maka pertimbangkan untuk membawa teman atau pasangan. Selain membantu mengalihkan pertanyaan yang tak terhindarkan tentang status hubungan Anda saat ini dari teman dan keluarga mantan, membawa teman bisa membantu jika tiba-tiba Anda merasa sangat emosional.

Jika Anda tidak dapat membawa teman atau pasangan, pertimbangkan apakah Anda akan merasa nyaman hadir sendirian. Jika tidak, maka tolak undangan mantan dengan sopan.

Apakah Anda Masih Menyimpan Perasaan?

Apakah hati Anda berdebar ketika membaca nama mantan pada undangan pernikahan? Apakah Anda merasa tidak enak saat membayangkan mereka secara resmi di pelaminan?

Jika Anda masih memiliki perasaan untuk mantan atau tidak pernah benar-benar pulih dari perpisahan, sebaiknya jangan menghadiri pernikahan tersebut.

Jika Anda masih terikat dengan hubungan masa lalu dengan orang ini dan berharap ada kemungkinan untuk membangkitkan kembali romansa Anda, maka sebaiknya Anda tidak perlu hadir.

Perlu diingat-ingat, mantan Anda sudah membuat keputusan untuk berkomitmen kepada orang lain. Kemudian apabila Anda belum sepenuhnya mendukung keputusan mereka, maka sebaiknya Anda tinggal saja di rumah saja.

Selain perlukah datang ke pernikahan mantan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi