Jadi Ratu Lari Jarak Jauh, Triyaningsih Bangga Banyak Para Pelari Wanita Ikut Lomba Marathon

| 23 Nov 2023 12:30
Jadi Ratu Lari Jarak Jauh, Triyaningsih Bangga Banyak Para Pelari Wanita Ikut Lomba Marathon
Triyaningsih (Foto: Instagram/@triya_ningsih)

ERA.id - Pelari asal Indonesia, Triyaningsih dikenal sebagai ratu lari jarak jauh. Ia mengaku bangga karena banyak para pelari wanita yang ikut lomba marathon. Ia merasakan olahraga lari terutama marathon semakin digemari perempuan Indonesia dalam tiga sampai empat tahun terakhir.

Triyaningsih merasakan antusias para perempuan yang mengikuti ajang lomba lari jarak jauh. Bahkan, sejumlah para pecinta lari di Indonesia banyak yang rela keluar uang banyak untuk mengikuti ajang marathon bergengsi yang berlangsung di luar negeri.

Triyaningsih (Foto: Era.id/Adelia)
Triyaningsih (Foto: Era.id/Adelia)

"Pelari cewek cukup signifikan, banyak pertandingan diikuti dan semua paham dari fungsi lari itu. Menurut saya, peningkatan nggak tahu ya ideal apa nggaknya," ujar Triyaningsih, saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta pada Rabu (22/11/2023).

"Kayaknya ada beberapa event ya banyak pelari perempuan dan InsyaAllah ke tingkat ideal," lanjutnya.

Melihat besarnya antusias masyarakat Indonesia dengan lomba lari, Triyaningsih melihat bibit-bibit atlet lari jarak jauh penerus dirinya tidak akan sulit ditemukan.

"Perkembangannya yang aku rasakan banyak antusias dan sudah jadi lifestyle. Indonesia mendapatkan atlet baru dan meneruskan prestasi kancah internasional dan nasional," bebernya.

Perempuan berusia 35 tahun ini merasakan keseruan para perempuan yang antusias mengikuti kompetisi lari jarak jauh. Ia yakin ajang lari jarak jauh membuat perempuan lainnya termovitasi untuk ikut serta

"Pastinya seru banget, jadi mereka mengenal lari, oh lari nggak cuma lari aja, tapi bisa dibawa seru-seruan," bebernya.

"Dengan adanya ajang ini diharapkan bisa membawa motivasi dan adanya keikutsertaan dalam kompetisi. Pastinya jadi happy, runningnya dibawa seneng, dapat foto banyak dengan background berbeda-beda," lanjutnya.

Tryaningsih memberikan tips bagi para pelari pemula sebelum ikut lari marathon. Ia mengatakan para pelari pemula harus wajib sering latihan dan lebih dikuatkan motivasi untuk mengikuti ajang lomba lari.

Tak hanya itu, Tryaningsih juga meminta para pelari pemula agar menjaga nutrisi serta asupan makanan yang sehat. Para pelari pemula juga perlu memperhatikan sepatu dan outfit yang dikenakan ketika olahraga lari. 

"Latihan dan yakinin motivasinya, tapi mau maraton latihan harus continue. Pertegas motivasi supaya digunakan pada hari H," ujar Tryaningsih, saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta pada Rabu (22/11/2023).

"Memperhatikan nutrisi, sepatu dipakai yang tepat dan terpenting nikmati prosesnya," lanjutnya.

Tryaningsih mengatakan para pelari pemula selalu mengingat motivasi ketika berlari atau mengikuti ajang lari jarak jauh. Motivasi ini membuat seseorang konsisten untuk berolahraga.

"Konsisten motivasi sederhana biar ingat selalu. Kalau mager males jadi ingat motivasi, bisa kayak kurus alasan utama cewek-cewek, kan kurus jadinya menarik. Selain itu alasan lain, paling simpel pengen bugar." katanya.

Rekomendasi