Apa Itu LoA Mahasiswa? Syarat Wajib untuk Daftar Beasiswa

| 23 Nov 2023 22:00
Apa Itu LoA Mahasiswa? Syarat Wajib untuk Daftar Beasiswa
Apa itu LoA mahasiswa (Freepik)

ERA.id - Letter of acceptance (LoA) menjadi salah satu syarat yang diberlakukan dalam pendaftaran beasiswa kuliah. Hampir semua program beasiswa mewajibkan lampiran LoA bagi para pendaftar jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), hingga doktor (S2). Namun sebagian orang masih belum paham apa itu LoA mahasiswa dan bagaimana cara mendapatkannya. 

Istilah LoA tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan pendaftar program beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan. Sejumlah program beasiswa bergengsi lainnya juga mensyaratkan LoA, mulai dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), beasiswa unggulan Kemendikbud, dan program beasiswa luar negeri seperti Chevening Scholarship.

Persyaratan LoA bertujuan agar para awardee atau penerima beasiswa bisa langsung mengikuti perkuliahan setelah lolos seleksi. Jika belum memiliki LoA, calon mahasiswa tidak bisa mendaftar seleksi beasiswa. Oleh karena itu, dalam persiapan beasiswa Anda perlu memahami itu LoA mahasiswa dan langkah-langkah mendapatkannya. 

Apa Itu LoA Mahasiswa untuk Mendaftar Beasiswa

Letter of acceptance atau LoA adalah surat yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi atau universitas kepada calon mahasiswanya. Surat tersebut berisi pernyataan bahwa mahasiswa yang bersangkutan telah lolos seleksi pendaftaran dan diterima untuk berkuliah di universitas yang dituju. 

Calon mahasiswa akan menerima LoA melalui email atau website resmi kampus setelah pengumuman seleksi pendaftaran kuliah di universitas tujuan masing-masing. Surat LoA memuat sejumlah informasi penting mengenai mengenai proses penerimaan sebagai mahasiswa.

Meski hampir semua program beasiswa memberlakukan syarat wajib untuk lampiran LoA, namun ada pula beberapa program beasiswa yang tidak mengharuskan adanya LoA. Pada beasiswa tertentu syarat LoA bisa bersifat opsional atau tidak wajib dilampirkan. Meski demikian, penyertaan LoA sangat penting manfaatnya saat Anda mendaftar beasiswa. 

Apabila Anda sudah memiliki LoA maka peluang untuk lolos seleksi beasiswa akan lebih besar. Adanya LoA menunjukkan bahwa Anda sudah siap untuk menempuh studi sehingga beasiswa yang diberikan dapat digunakan secara tepat. LoA juga menjadi dokumen yang meyakinkan para interviewer program beasiswa bahwa Anda sudah memenuhi semua persyaratan dan lolos seleksi masuk universitas tujuan. 

apa itu LoA mahasiswa (Freepik)

Jenis-Jenis LoA untuk Mendaftar Beasiswa

Ada dua jenis LoA yang perlu dipahami oleh para calon pendaftar program beasiswa. Dua jenis letter of acceptance ini yaitu LoA conditional dan unconditional, yang masing-masing memiliki keterangan yang berbeda. 

LoA Unconditional

LoA unconditional adalah surat pernyataan diterima sebagai calon mahasiswa di sebuah perguruan tinggi atau universitas tanpa syarat tambahan. Jadi Anda yang mendapatkan LoA ini dinyatakan telah memenuhi persyaratan untuk masuk kuliah. Anda sudah tidak perlu membayar biaya kuliah di kampus tersebut.

Pada LoA akan tercantum sejumlah informasi berikut ini:

  • Program studi atau jurusan kuliah yang dimasuki atau menerima Anda
  • Lamanya masa studi
  • Jadwal perkuliahan
  • Informasi registrasi ulang mahasiswa baru
  • Agenda orientasi mahasiswa baru 

Saat mendapatkan surat LoA Unconditional, Anda harus memperhatikan setiap detail informasi yang dituliskan. Jika ada keterangan yang belum Anda ketahui atau masih bingung, sebaiknya tanyakan lebih lanjut dengan menghubungi pihak universitas. Jangan lupa, jika Anda sudah menerima LoA ini maka Anda harus berkomitmen untuk menjadi mahasiswa di universitas tersebut.

LoA Conditional

Berbeda dari jenis letter of acceptance sebelumnya, LoA conditional adalah surat pernyataan diterima sebagai calon mahasiswa di universitas tujuan. Dalam LoA ini, Anda dinyatakan diterima namun ada ketentuan-ketentuan lagi yang harus dipenuhi. Bisa dikatakan bahwa Anda belum sepenuhnya diterima, namun diminta untuk melengkapi sejumlah persyaratan terlebih dahulu. 

Berikut ini sejumlah ketentuan yang biasanya diberlakukan dalam LoA Unconditional dan harus dipenuhi oleh calon mahasiswa. 

  • Ketentuan akademik seperti syarat IPK minimal atau lolos program matrikulasi dengan nilai tertentu.
  • Persyaratan nilai bahasa asing sesuai ketentuan universitas tujuan. Misalnya, nilai IELTS atau TOEFL yang sesuai standar yang berlaku di kampus tersebut.
  • Kelengkapan dokumen seperti surat pernyataan, transkrip nilai, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu LoA mahasiswa sebagai syarat untuk mendaftar program beasiswa. Sejumlah program beasiswa bergengsi seperti LPDP, BPI, Chevening, dan lainnya memberlakukan persyaratan LoA, sehingga Anda perlu memiliki surat ini untuk bisa kuliah di kampus impian. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi