Beberapa Langkah Sederhana Menjadi Lifelong Learning untuk Pengembangan Diri

| 22 Dec 2023 21:05
Beberapa Langkah Sederhana Menjadi Lifelong Learning untuk Pengembangan Diri
Ilustrasi lifelong learning (pexels)

ERA.id - Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari belajar sepanjang hidup atau lifelong learning. Menurut buku “Learning for Life: Paper on Adult Education”, lifelong learning merupakan proses belajar yang berkelanjutan, sukarela, dan memotivasi diri untuk alasan pribadi atau profesional.

Dengan kata lain, seseorang tetap belajar meski tidak lagi berada di sekolah atau lembaga pendidikan formal. Orang tersebut terus mengembangkan keterampilan dan mencari pengetahuan tanpa mengenal usia. Dalam melakukannya, ada beberapa langkah sederhana menjadi lifelong learning.

Berbagai Langkah Sederhana Menjadi Lifelong Learning

Menjadi pembelajar seumur hidup atau lifelong learner berarti Anda punya pola pikir yang berkembang dan keingintahuan yang tinggi terhadap dunia. Anda terus berusaha untuk mendapatkan pengetahuan, tantangan, dan pengalaman baru.

Ilustrasi lifelong learning (pexels)

Anda terus mengasah diri dengan harapan bisa menjadi—atau berusaha mendekati—pribadi terbaik versi diri Anda dalam berbagai hal. Mendedikasikan diri untuk menjadi pembelajar seumur hidup mungkin terkesan sulit, atau bahkan mengerikan.

Meski demikian, ini bisa diupayakan. Ada beberapa hal yang bisa membantu Anda untuk bisa menjadi lifelong learning. Berikut adalah beberapa tipsnya, dirangkum dari MBA.

  • Membuat komitmen

Saat Anda ingin menjadi pembelajar seumur hidup, Anda perlu punya dedikasi, disiplin, dan fokus. Komitmen adalah hal yang paling awal dibutuhkan.

Anda harus berjanji pada diri sendiri bahwa Anda akan meluangkan sebagian waktu untuk belajar demi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Salah satu tips agar Anda bisa terus berkomitmen adalah membuat jadwal belajar. Sisihkan waktu beberapa jam setiap hari untuk belajar, tanpa melakukan kegiatan lain selain belajar.

  • Efisien

Menjejalkan berbagai pengetahuan dan keterampilan bukan cara yang bagus untuk belajar. Pembelajaran terbaik terjadi saat Anda berada pada periode fokus intens lebih pendek diikuti periode pikiran yang mengembara.

Mengombinasikan relaksasi dalam pembelajaran akan membantu Anda untuk menyimpan lebih banyak informasi. Anda bisa mencoba menerapkannya dengan kerja keras selama 25 menit kemudian istirahat selama 5 menit. Saat Anda belajar, fokuslah pada beberapa informasi—bukan semua informasi—agar otak tidak terbebani.

  • Atur pembelajaran

Saat mempelajari hal baru, buatlah rencana pembelajaran yang tidak terlalu ketat agar Anda tahu materi pembelajaran yang Anda butuhkan. Setelah itu, cari tahu instrumen atau alat yang ingin Anda gunakan, misalnya suatu aplikasi produktivitas yang bisa menyimpan semua pembelajaran di satu tempat.

  • Fokus

Fokus adalah hal yang sangat penting saat belajar. Saat Anda belajar, hindari keinginan untuk melakukan banyak tugas dan kegiatan sekaligus. Fokuslah pada suatu pembelajaran tanpa menyambi dengan hal lain.

Berdasarkan penelitian, multitasking dapat menurunkan kinerja IQ setara dengan orang yang tidak tidur. Dapatkan zona atau momen terbaik untuk fokus dalam belajar dengan bantuan bunyi-bunyian atau musik yang tepat.

Itulah beberapa langkah sederhana menjadi lifelong learning yang bisa Anda coba. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi