Gelar Acara Mitoni di Usia Penikahan Lima Bulan, Bella Bonita Beri Penjelasan Menohok: Ikut Hitungan Jawa

| 24 Dec 2023 18:30
Gelar Acara Mitoni di Usia Penikahan Lima Bulan, Bella Bonita Beri Penjelasan Menohok: Ikut Hitungan Jawa
Denny Caknan dan Bella Bonita (Foto: Instagram/@bellabonita_r.a)

ERA.id - Denny Caknan dan Bella Bonita baru saja menggelar acara 7 bulanan kehamilan atau mitoni. Hal ini membuat netizen sibuk menghitung usia kehamilan istri Denny Caknan. Apalagi, pasangan ini baru 5 bulan menikah.

Bella Bonita tak sungkan membagikan proses acara adat mitoni di unggahan Instagram pribadinya. Perempuan berusia 25 tahun ini melakukan beberapa serangkaian prosesi mitoni, mulai dari siraman, memakai pakaian yang sesuai, membuat rujak, jualan dawet sampai membelah kelapa muda. 

Denny Caknan dan Bella Bonita terlihat kompak mengenakan busana khas adat Jawa warna hijau. Pasca menjalani proses siraman, Bella pun berganti kebaya beberapa warna antara lain kuning cerah, pink, ungu, oranye, dan terakhir biru tua.

Acara mitoni juga dihadiri oleh keluarga dan kerabat terdekat Denny Caknan maupun Bella Bonita. Sayangnya, banyak netizen yang bertanya-tanya dan sibuk menghitung usia kehamilan Bella Bonita.

Denny Caknan dan Bella Bonita baru saja menikah 5 bulan lalu, tepatnya Juli 2023 lalu. Namun, acara mitoni sudah digelar dan menandakan usia kehamilan Bella Bonita sudah berusia 7 bulan. Tentunya, netizen bertanya-tanya soal hitungan kehamilan.

Hingga akhirnya, Bella Bonita membeberkan alasan menggelar acara mitoni. Rupanya, Bella Bonita tak sengaja menggelar acara mitoni yang berlangsung tepat di hari ibu, 22 Desember 2024. Bella Bonita mengungkapkan acara mitoni diselenggarakan sudah sesuai dengan hitungan Jawa dari mendiang neneknya.

"Sampeyan mitoni ki pas hari ibu lho," tanya seorang pria pada Bella Bonita, dilansir dari akun Instagram @lambe_turah.

"Iyo mitoni pas ya, ini jatuh hitungan (Jawa) gitu lho kalau kata Mbah," jawab Bella Bonita.

Penjelasan dari Bella ramai dibanjiri komentar netizen. Sebagian netizen masih bertanya-tanya dengan usia kandungan Bella Bonita. Namun, sebagian netizen menyebut acara mitoni tak selalu digelar saat usia kehamilan genap 7 bulan.

"Usia kandungannya emang udah berapa bulan???" tanya akun @cing_ab****_**.

"Perasaan klo hamil 5 bulan itu perutnya nggak sebesar itu," tulis akun @zm_ba****_**.

"Hanya orang-orang Jawa yang tau adat nya, emang mitoni tidak pas di 7 bulan. Biasanya pas 5 bulan lebih atau masuk 6 bulan. Semua ada hitungannya ya ikutin adat masing-masing," kata akun @eva_jess*****.

"Tapi memang adat jawa biasanya mitoni nggak pas 7 bulannya. Aku mitoni justru pas mau masuk 6 bulan," ungkap akun @iam.spaceuni****.

Sebagai informasi, Denny Caknan resmi menikah dengan Bella Bonita pada 7 Juli 2023. Resepsi pernikahan berlangsung di Pendapa Kepatihan Ngawi, Jawa Timur.

Rekomendasi