Semprot Mertua yang Curhat Menantu Pulang Kerja Malas Beberes Rumah, Mamah Dedeh: Sudah Risiko, Salah Ente!

| 29 Dec 2023 18:57
Semprot Mertua yang Curhat Menantu Pulang Kerja Malas Beberes Rumah, Mamah Dedeh: Sudah Risiko, Salah Ente!
Mamah Dedeh (Foto: Instagram/@lambegosiip)

ERA.id - Dedeh Rosidah atau Mamah Dedeh dibanjiri pujian usai menyemprot mertua yang curhat menantu pulang kerja malas beberes rumah. Mamah Dedeh langsung skakmat ibu tersebut, karena dianggap kerap menyalahkan menantu

Mulanya, seorang ibu cerita bahwa putranya dan menantunya sama-sama bekerja. Namun, ia menyayangkan perilaku menantu yang dianggap malas mengerjakan tugas rumah tangga. Ibu itu merasa sedih, karena anaknya masih melakukan kebersihan rumah pasca pulang kerja.

"Saya punya anak, punya menantu. Anak saya laki-laki bekerja, menantu saya juga bekerja. Jadi gimana, ya, anak saya pulang bekerja capek-capek, jadi masih mengurusi rumah tangga," kata ibu Titin, dikutip dari akun Instagram @lambegosiip.

Ibu Titin merasa miris melihat menantunya yang tidak perduli dengan kebersihan rumah lantaran sibuk bekerja di kantor. Meski begitu, ibu Titin mengakui jika menantunya menyayangi suaminya sekaligus dirinya.

"Jadi istrinya tuh masa bodo sama pekerjaan rumah tangga. Sama saya sayang, sama suami sayang, tapi masa bodo sama urusan rumah. Sudah menikah 7 tahun belum ada anak. Itu bagaimana solusinya?" tuturnya.

Mendengar hal itu, Mamah Dedeh langsung beranjak dari tempat duduk. Ia bertanya apakah menantu tersebut tinggal serumah atau tidak dengan ibu mertua. 

"Tinggalnya di mana? Tinggal serumah sama Anda atau nggak?" tanya Mama Dedeh.

"Pisah," jawab Titin.

Mamah Dedeh menegaskan bahwa ibu Titin seharusnya mengerti kondisi menantunya sebagai wanita karier sejak awal menikah. 

"Saya tanya waktu mereka menikah, anak Anda tahu nggak bininya kerja?" tanya Mama Dedeh.

"Tahu," jawab Titin.

"Ya, sudah risiko, dia kepala keluarga, nyari orang buat ngurusin rumah. Nyalahin mantu mulu, salah ente," semprot Mama Dedeh.

Pendakwah berusia 72 tahun ini langsung berpesan kepada ibu itu supaya tidak terus menerus membela anaknya agar tidak besar kepala. Ia menekankan peran mertua untuk anak dan menantu.

"Jadi gede kepala anak Anda," kata Mamah Dedeh.

"Jadi, punten tugas kita sebagai orang tua nasihatin anak kita, nasehati menantu kita, walau anak jangan kita bela-belain. Rumah tangga milik bersama," lanjutnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka ramai-ramai menghujat ibu-ibu itu yang menyalahkan menantu karena malas beberes rumah.

"Ibunya berarti kepo sama rumah tangga anaknya, padahal udh nggak 1 rumah. Apa lagi 1 rumah, yang ada ribut itu anaknya dan mantu," komentar akun @farah.sep*****

"Ciri-ciri mertua julid. ini di tipii, lu bisa bayangin kalo nggak di tipi wkwkwkw," tulis akun @baby****_

"Ya resiko. Kalau dia kerja, terus kalau pekerjaan rumah bukan keharusan dia, ya udah kerja harus ngerjain rumah tangga juga. Kenapa ribet. Apalagi kalau nganggur lu omelin juga kali," kata akun @kruta.******

"Nanti giliran nggak kerja katanya ngandelin uang anaknya alias lakinya menantu enak-enakan di rumah, udah bagus kerja mandiri jadi kalo amit-amit diapa-apain sama lakinya bisa berdiri sendiri." lanjut akun @rad*****

Rekomendasi