Kapan Anak Kucing Boleh Tidak Dipegang dan Seberapa Penting Vaksinasi Dilakukan?

| 04 Jan 2024 17:05
Kapan Anak Kucing Boleh Tidak Dipegang dan Seberapa Penting Vaksinasi Dilakukan?
Kapan anak kucing boleh tidak dipegang (unsplash)

ERA.id - Menjaga anak kucing yang baru lahir memerlukan perhatian khusus, dan seringkali ada kekhawatiran tentang kapan waktu yang tepat untuk memegang mereka. Kapan anak kucing boleh tidak dipegang?

Seiring dengan kebutuhan anak kucing akan perawatan dan kehangatan, ada momen penting dalam perkembangan anak kucing ketika menyentuh mereka dapat memberikan dampak yang signifikan.

Kapan Anak Kucing Boleh Tidak Dipegang?

Ketika mempertimbangkan bagaimana merawat anak kucing yang baru lahir, penting untuk memikirkan kapan mereka seharusnya diperkenalkan kepada manusia dan sentuhan. Dengan kata lain, apakah ada rencana untuk melakukan sosialisasi terhadap.

Biasanya, disarankan untuk menangani anak kucing dengan menggunakan sarung tangan jika usianya kurang dari dua minggu.

Penting: jika mereka berada bersama ibu mereka, hindari menyentuh anak kucing. Indukan kucing biasanya sangat protektif. Hal tersebut dikarenakan anak kucing yang masih sangat muda rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Selain itu, ada kemungkinan Anda dapat menyakiti mereka ketika mengangkatnya terlalu cepat.

Setelah mencapai usia dua minggu, disarankan untuk memperkenalkan mereka kepada manusia dan sentuhan (minggu kedua hingga ketujuh adalah waktu yang baik untuk sosialisasi).

Meskipun demikian, tetaplah hati-hati terhadap indukan kucing. Jika indukan kucing agresif atau terlihat terganggu, hormati perasaannya dan biarkan anak kucing sendirian.

Jangan terburu-buru mengangkat anak kucing (Unsplash)

Bagaimana Cara memegang anak kucing yang baru lahir?

Saat mengangkat anak kucing yang baru lahir, gunakan kedua tangan Anda. Kemudian pegang mereka dari bagian dada dan di bawah kaki belakang mereka untuk memastikan mereka mendapatkan dukungan penuh.

Selain itu, bersikaplah lembut. Jika mereka bergerak-gerak, jangan meletakkan mereka; karena akan mengajari mereka bahwa bergerak-gerak berarti mereka akan dilepaskan. Sebaliknya, tenangkan mereka dengan suara lembut sampai mereka merasa tenang.

Selanjutnya, ketahui lebih lanjut tentang vaksinasi anak kucing dan bagaimana vaksinasi dapat menjaga peliharaan Anda dari berbagai penyakit.

Pentingnya Vaksin Kucing Anda

Vaksinasi kucing sangat penting untuk membantu melindungi mereka dari penyakit umum dan menjaga kesehatan mereka. Selain itu, vaksinasi anak kucing adalah syarat jika Anda ingin bepergian ke luar negeri bersama kucing atau anak kucing Anda.

Vaksin kucing dapat dibagi menjadi dua jenis: inti (core) dan non-inti (non-core). Vaksin inti direkomendasikan untuk semua anak kucing, sementara vaksin non-inti diberikan tergantung pada risiko yang dihadapi oleh masing-masing kucing. Untuk itu, diskusikan dengan dokter hewan Anda vaksin mana yang paling sesuai untuk kucing Anda.

Vaksin inti adalah vaksin yang direkomendasikan untuk semua kucing. Mereka dirancang untuk menjaga keselamatan hewan peliharaan Anda dan melindungi dari beberapa kondisi yang sangat serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera melakukan vaksinasi kucing Anda terhadap kondisi-kondisi tersebut.

Dengan melakukan vaksinasi terhadap penyakit-penyakit inti ini, Anda juga membantu melindungi kucing-kucing lain yang tinggal di lingkungan Anda dengan membantu membentuk 'kekebalan kelompok' atau herd immunity.

Semakin banyak kucing yang divaksinasi di satu tempat, semakin sulit bagi virus untuk berkembang dalam populasi. Sebaliknya, jika terlalu banyak kucing yang tidak divaksinasi, maka virus-virus tersebut menjadi risiko yang lebih besar bagi semua kucing yang tinggal di sana.

Selain kapan anak kucing boleh tidak dipegang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi