Kesulitan Fokus dan Alami Gangguan Penglihatan, Kreator Manga Captain Tsubasa Putuskan Pensiun

| 05 Jan 2024 14:00
Kesulitan Fokus dan Alami Gangguan Penglihatan, Kreator Manga Captain Tsubasa Putuskan Pensiun
Manga Captain Tsubasa akan tamat (Instagram

ERA.id - Kreator manga Captain Tsubasa, Yoichi Takahashi, mengumumkan akan pensiun setelah berkarier selama 43 tahun. Keputusan Yoichi ini membuat manga Captain Tsubasa yang ia buat akan tamat.

Dilansir dari Anime News Network, kabar ini dibagikan Yoichi ketika majalah Captain Tsubasa edisi ke-19 resmi diterbitkan. Pensiunnya Yoichi ini sekaligus rilis dua serial manga Captain Tsubasa.

Serial manganya adalah 'Captain Tsubasa: Rising Sun' dan 'Captain Tsubasa: Memories'. Kisah dari kedua serial manga itu akan berakhir pada April 2024 mendatang.

Meski demikian, Yoichi memastikan bahwa manga Captain Tsubasa versi kreator lain akan tetap berjalan. Ia mengatakan bahwa dirinya mengawasi naskahnya sesuai dengan kisah yang ingin dia ceritakan.

Yoichi Takahashi juga mengungkap bahwa alasan ia pensiun sebagai mangaka karena sudah sering sakit beberapa tahun belakangan.

"Saya rasa saya masih sehat saat ini. Namun, seiring saya terus membuat manga, penurunan kondisi fisik saya karena usia tidak dapat dihindari," kata Yoichi Takahashi.

Mangaka kelahiran 1960 itu mengatakan bahwa pensiun tidak mudah baginya. Ia merasa dirinya masih sehat, tetapi kondisi fisiknya memang semakin menurun, salah satunya kemampuan matanya untuk melihat.

"Kecepatan saya menggambar telah sangat melambat. Selain itu, penglihatan saya semakin memburuk, sulit untuk fokus," katanya.

Tak hanya itu, Yoichi juga mengatakan bahwa teknik menggambar manga saat ini sudah jauh berubah dengan awal dia berkarya. Terutama untuk menggambar manga beralih ke mode digital.

Sementara itu, Yoici Takahashi merupakan mangaka yang dikenal luas dengan karyanya Captain Tsubasa. Manga ini pertama kali diterbitkannya pada 1981 lalu di Weekly Shonen Jump.  

Rekomendasi