Strategi 'Captain Tsubasa' Selamatkan Timnas Jepang

| 30 Jun 2018 08:04
Strategi 'Captain Tsubasa' Selamatkan Timnas Jepang
Timnas Jepang (Foto: @FIFAWorldCup)
Jakarta, era.id - Jepang jadi negara Asia yang paling sering melangkah ke babak gugur Piala Dunia. Tapi bukan pencapaian itu yang jadi pembicaraan di media sosial.

Samurai Biru sudah tiga kali melangkah ke babak gugur, lebih banyak dibandingkan wakil Asia lainnya. Australia, Arab Saudi dan Korea Utara hanya pernah sekali sementara Korea Selatan paling mendekati sebanyak dua kali.

Namun, yang menarik perhatian netizen dalam pertandingan terakhir melawan Polandia, Kamis (28/6), justru ketika Jepang menggunakan taktik 'Sangkar Burung' yang dipopulerkan dalam serial anime Captain Tsubasa. 

Shinji Okazaki cs saling mengoper bola tanpa berniat menyerang, memainkan sepak bola negatif meski tertinggal 0-1. Mereka tahu sudah unggul peringkat klasemen Grup H Piala Dunia 2018 sebab Senegal tengah kalah dari Kolombia.

 

 

Masuknya Makoto Hasebe di menit ke-82 mengubah skema Jepang untuk bermain aman dan terbukti berhasil. Anak-anak asuhan Akira Nishino berhak maju ke 16 besar berkat aturan fair play. Jepang dan Senegal imbang dalam poin dan agresivitas gol sehingga jumlah kartu kuning keduanya jadi penentu peringkat.

"Kami tidak mengincar kemenangan, kami bergantung pada hasil laga lainnya dan itu sedikit disayangkan karena kami sangat agresif di pertandingan pertama dan kedua," ujar Nishino seperti dilansir Kyodo News.

Pendekatan pragmatis memang bukan cara populer meraih simpati penggemar sepak bola tapi seringkali berhasil mencapai tujuan akhir.

"Terdengar ejekan di stadion dan saya yakin pemain mendengar itu dan itu disayangkan," lanjutnya. (Kontributor era.id/Pandipta)

Rekomendasi