Diduga Plagiat Karya Idol K-Pop Weeekly, Lagu Kampanye Ganjar dan Mahfud Tuai Kritik Pedas

| 18 Jan 2024 16:05
Diduga Plagiat Karya Idol K-Pop Weeekly, Lagu Kampanye Ganjar dan Mahfud Tuai Kritik Pedas
Lagu kampanye diduga plagiat lagu Weeekly (X/Twitter)

ERA.id - Salah satu karya yang diduga menjadi lagu kampanye calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, diduga hasil dari plagiat salah satu lagu idol K-Pop, Weeekly. Penggemar K-Pop pun heboh dan menyoroti hal tersebut.

Diketahui musisi yang menyanyikan lagu kampanye tersebut adalah GM24. Lagu yang diberi judul “Langit Cerah” itu diunggah di YouTube GM24.

Perilisan lagu tersebut yang diduga bentuk dukungan untuk paslon nomor urut 3 diwarnai hujatan. Ini lantaran nada lagunya dinilai sangat mirip dengan lagu girl group Weeekly yang berjudul “After School”, yang sudah rilis sejak 2021 lalu.

Viral di TikTok, lagu salah satu capres diduga plagiat dari lagu girlband Korea Weeekly,” tulis akun X, @kegblgnunfaedh.

Musik video lagi GM24 “Langit Cerah” itu sontak menjadi viral dan menjadi perbincangan di kalangan penggemer K-Pop atau Kpopers Indonesia. Banyak yang menilai bahwa lagu tersebut sangat mirip dengan lagu Weeekly dan mereka tak terima, terlebih dijadikan dalam kampanye politik.

“Jir plek ketiplek banget ini, ga habis pikir,” kata salah satu netizen.

“Ini jelas2 plagiat sih, nirunya lebih dari 8 bar,” ucap yang lain.

“Udah konsepnya plagiat, suaranya pake autotune, sampah banget asli,” tambah yang lainnya.

Rekomendasi