Mengenal Keistimewaan Malam Nisfu Syaban, Berikut Amalan Sunahnya

| 20 Feb 2024 21:45
Mengenal Keistimewaan Malam Nisfu Syaban, Berikut Amalan Sunahnya
Ilustrasi kapan malam Nisfu Syaban 2024. (Unsplash)

ERA.id - Bulan Syaban merupakan bulan ke delapan setelah bulan Rajab. Bulan ini datang sebelum tiba Ramadan. Namun, sebenarnya, kapan malam nisfu syaban 2024?

Secara urutannya, Syaban adalah bulan pertengahan antara Rajab dan Ramadan. Bulan Syaban ini juga disebut sebagai bulan pembalasan. Hal ini dikarenakan, Allah SWT mencurahkan rahmat dan mengabulkan doa hamba-Nya pada bulan ini.

Adapun salah satu keutamaan yang bisa didapatkan pada bulan Syaban yaitu sebagai waktu Allah menentukan rezeki, ajal, dan takdir manusia untuk setahun ke depan.

Kapan Malam Nisfu Syaban 2024?

Keistimewaan malam Nisfu Syaban membuat banyak orang kemudian bertanya dan menunggu-nunggu, tanggal berapa Nisfu Syaban 2024 jatuh?

Sebab, umat Islam tidak ingin melewatkan keistimewaan malam ini untuk diisi dengan banyak amalan ibadah dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mengutip Kalender Hijriah Indonesia terbitan Kementerian Agama RI, Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 15 Syaban 1445 Hijriah, di mana dalam kalender Masehi bertepatan dengan tanggal 25 Februari 2024. Sehingga, malam Nisfu Syaban pada tahun ini jatuh pada 24 Februari 2024.

Ada banyak amalan yang dianjurkan pada Nisfu Syaban, misalnya memperbanyak salat sunah, memohon ampun, zikir, dan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Selain itu, umat Islam disarankan pula untuk memperbanyak doa pada malam Nisfu Syaban.

Dalam sebuah hadis, dijelaskan sebuah doa khusus di malam Nisfu Syaban, dan doa ini tidak akan ditolak.

“Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya: malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan Malam Idul Adha."

Kapan malam Nisfu Syaban 2024? (Gambar Jcomp-Freepik)

Doa bulan Syaban

Di bawah ini merupakan doa bulan Syaban 2024 seperti yang pernah dicontohkan Rasulullah Saw.

Arab-latin: Allahumma barik lana fi Rajaba wa Sya'bana wa ballighna Ramadhana.

Artinya: "Ya Allah berkatilah kami pada bulan Rajab dan bulan Syaban. Sampaikan kami dengan bulan Ramadan."

Selain itu ada juga doa bulan Syaban yang pernah diajarkan Rasulullah SAW:

Melansir laman NU Online, redaksi hadis doa tersebut diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitab Musnad Ahmad yang berbunyi seperti di bawah ini:

Artinya: "Abdullah menceritakan kepadaku: "Ubaidillah bin Umar menceritakan kepadaku, dari Zaidah bin Abir Ruqad, dari Ziyad An-Numairi, dari Anas bin Malik, ia berkata: "Ketika masuk bulan Sya'ban Nabi Saw sering berdoa: "Ya Allah, berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan." Beliau juga bersabda: "Malam Jumat adalah yang indah dan hari Jumat adalah hari yang cerah." (HR Ahmad).

Demikianlah penjelasan mengenai kapan malam nisfyu syaban 2024 yang disebut sebagai dibukanya pintu kebaikan dan berkah untuk umat Islam. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi