Tips Sukses jadi Desainer Mode, Perluas Wawasan hingga Branding

| 22 Feb 2024 19:35
Tips Sukses jadi Desainer Mode, Perluas Wawasan hingga Branding
Ilustrasi tips menjadi desainer fesyen yang sukses (Unsplash)

ERA.id - Profesi sebagai desainer mode kini masih digandrungi generasi muda. Hal itu tak lepas dari perkembangan industri fesyen Tanah Air yang cukup pesat seiring waktu. 

Ketua umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Poppy Dharsono mengatakan, ada beberapa kiat khusus yang perlu dipahami para desainer muda agar kariernya cemerlang. 

Dia mengatakan, sebagai seorang desainer harus terus belajar, memahami tren mode hingga membangun bisnis fesyen dengan branding yang kuat untuk bisa bersaing mengikuti selera pasar. 

"Desainer mode harus mengacu pada ide dan kreativitas, saat nantinya menjadi desainer yang fokus pada busana muslim atau kontemporer itu terserah."

"Tapi terpenting bersama-sama turut menyumbangkan ide untuk membangun fesyen di Indonesia," kata Poppy di sela-sela konferensi pers IFW 2024, di Jakarta, baru-baru ini. 

Poppy  mengatakan, para desainer muda harus mampu mengikuti perkembangan tren fesyen yang tak cuma di dalam negeri, tapi juga yang terjadi di luar negeri.

Hal ini pun bertujuan agar kreativitas para desainer dalam berkarya dapat terus ditingkatkan hingga mampu disesuaikan dengan tren yang ada di Indonesia. 

"Menurut saya setiap tahun fesyen tidak pernah sama tapi selalu memiliki kreativitas baru yang sesuai dengan apa yang ada di dunia, tentunya itu bagaimana desainer menerjemahkan fesyen di dunia, misalnya dengan wastra Indonesia," ujar Poppy.

Di samping itu, mengenai meningkatkan wawasan, para desainer muda juga dapat mengadopsi kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia ke dalam karyanya.

Misalnya mendatangi berbagai pelatihan atau edukasi terkait wastra Indonesia agar memiliki pengetahuan dan bisa memanfaatkan kain khas daerah sesuai kreativitasnya masing-masing.

Dengan demikian, industri kreatif bisa meningkat dan bisa berkembang, sekaligus mempromosikan keunggulan budaya dari daerah ke ranah yang lebih luas. 

"Kami juga turut mendukung dan meningkatkan industri kreatif di bidang fesyen untuk perekonomian Indonesia dengan fokus di UMKM, kita bekerja keras untuk membantu mempromosikan, menyiapkan dan mengenalkan wastra Indonesia," pungkasnya.

Rekomendasi